Gibran Tak Sepakat Pendapat Bamsoet soal Gubernur Dipilih Langsung Pemerintah

Gibran Rakabuming.
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq (Solo)

VIVA Politik – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku memilih gubernur tetap dipilih rakyat melalui pemilu seperti yang terjadi saat ini. Pendapat putra sulung Presiden Jokowi itu berbeda dengan keinginan Ketua MPR Bambang Soesatyo yang menyatakan sepakat jika gubernur tidak dipilih secara langsung oleh masyarakat, melainkan ditunjuk pemerintah pusat.

100 Ribu Pendukung Prabowo-Gibran Bakal Demo di Gedung MK, Begini Pesan Cawapres Terpilih

“Saya manut atasan. (Tapi kalau ditunjuk sesuai keingingan masyarakat?) Ya itu yang perlu dipertanyakan,” kata Gibran saat ditemui wartawan di Balai Kota Solo, Senin, 6 Februari 2023.

Gus Ipul Sindir PKB Belum Beri Selamat ke Prabowo-Gibran: Apresiasi Pilihan Rakyat Itu Penting

Meskipun mengikuti atasan tetapi ia condong lebih memilih untuk pemilihan gubernur tetap dilakukan seperti yang dilakukan saat ini melalui pemilihan langsung atau pemilu. “Kalau bisa seperti sekarang aja lah ya,” ujarnya.

Pemilihan gubernur secara langsung, menurut dia, proses pesta demokrasi berlangsung dengan meriah. Para pemilih bisa menentukan hak pilihnya untuk memilih calon gubernur yang diinginkannya.

DPRD Kota Denpasar Apresiasi Capaian Kinerja LKPJ Wali Kota Tahun 2023

Gibran Rakabuming Raka

Photo :
  • VIVA/ Fajar Sodiq

“(Demokrasi tetap berjalan) Iya, luweh (lebih) gayeng, bisa lebih gayang. Sing (yang) penting) warga harus berpartisipasi,” ucapnya.

Seperti diketahui Bamsoet menyampaikan pandangan terkait tidak sepakatnya adanya pemilihan langsung gubernur berdasarkan hasil kajian yang telah lama didiskusikan oleh dirinya secara prbadi dan sejumlah koleganya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya