Airlangga Tegaskan Golkar Tak Akan Bicarakan Koalisi Pengusung Anies Baswedan dengan PKS

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto
Sumber :
  • VIVA/Yeni Lestari

VIVA Politik – Sejumlah elite dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan menemui para petinggi Partai Golkar di kantor pusat partai berlambang pohon beringin itu di Jakarta Barat. Apa yang sekiranya dibahas dalam pertemuan ini?

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan pertemuan dengan PKS ini hanya bersifat silaturahmi. Saat disinggung apakah ada pembahasan soal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres), Airlangga tak menjawab banyak. "Kan kita punya Koalisi Indonesia Bersatu," ujar Airlangga, Selasa, 7 Februari 2023.

Airlangga menegaskan tak akan ada pembicaraan mengenai Koalisi Perubahan dalam pertemuannya ini dengan PKS. "Kita kan bicara PKS, bukan koalisi yang lain," katanya.

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah)

Photo :
  • VIVA/B.S. Putra

Elite PKS bakal bertamu ke markas Partai Golkar, hari ini, Selasa, 7 Februari 2023. Agenda pertemuan itu dijadwalkan berlangsung sekitar pukul 16.30 WIB dikantor pusat Partai Golkar di Jalan Anggrek Neli Murni, Slipi, Kemanggisan, Kecamatan Palmerah, Kota Jakarta Barat.

PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

Juru Bicara PKS Pipin Sopian mengatakan, agendanya untuk mengajak partai berlambang pohon beringin itu untuk bergabung ke Koalisi Perubahan mengusung Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 2024.

"Benar. Hari ini kami kunjungan ke DPP Golkar. Agendanya silaturahim dan mengajak Golkar bergabung Koalisi Perubahan mengusung Pak Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 2024," kata Pipin kepada wartawan, Selasa.

Pipin menuturkan, rencananya nanti rombongan PKS akan dipimpin oleh Sekjen PKS Habib Aboe Bakar Alhabsy. "Rencana rombongan akan dipimpin oleh Sekjen PKS Habib Aboe Bakar Alhabsy," ujarnya.

Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu

Photo :
  • VIVA/Rosikin

PKS telah menyatakan mendukung Anies Baswedan dalam Pilpres 2024 sebagai bakal calon presiden (capres).  Hal tersebut dinyatakan Wakil Ketua Majelis Syuro PKS M Sohibul Iman dalam konferensi pers yang digelar di kawasan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin, 30 Januari 2023.

Kini tercatat sudah ada tiga partai politik yang secara resmi mendukung Anies di Pilpres 2024, yaitu Partai Nasdem, Demokrat dan PKS. Mereka menamakannya sebagai "Koalisi Perubahan".

Ketiga partai itu sudah memenuhi syarat presidential threshold 20 persen atau minimal 115 kursi di parlemen untuk mengusung capres. Ketiga parpol itu terhitung memiliki kursi sebanyak 163 suara atau 28,29 persen. Rinciannya, PKS punya 8,7 persen suara, Partai NasDem 10,2 persen, dan Partai Demokrat dengan 9,39 persen suara di DPR. Total suara dari Koalisi Perubahan sudah 28,29 persen atau melampaui ambang batas pencapresan 20 persen kursi DPR.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya