Audiensi dengan Ratusan Kades se-Jatim, Cak Imin Terima Mandat Capres

Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin terima mandat dari kades se-Jatim
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Politik - Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin didoakan bisa terpilih sebagai Presiden RI di Pemilu 2024. Momen itu disampaikan saat Cak Imin dapat mandat capres dari sekitar 500 kepala desa atau kades se-Jawa Timur. 

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Momen pemberian mandat itu saat para kades menggelar audiensi dengan Cak Imin dalam forum bertajuk Mandat Desa untuk Indonesia ‘Budal Gus’ di Kampung Cokelat, Kabupaten Blitar, Selasa, 14 Februari 2023. Bertindak sebagai moderator adalah budayawan Sujiwo Tejo tersebut.

Dalam kesempatan itu, Cak Imin lebih banyak mendengarkan aspirasi dari para kades. Sujiwo menyampaikan sebagai pemimpin sudah semestinya lebih banyak mendengarkan aspirasi dari bawah. 

PKB dan Nasdem Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran, Kaesang Bilang Begini

"Awal dari kehancuran seorang pemimpin itu kalau hanya menerima laporan yang baik-baik saja dari para bawahannya," kata Sujiwo, dalam keterangannya.

Jubir Anies Sebut Pembubaran Timnas Amin Tak Jadi Digelar Hari Ini, Lalu Kapan?

Salah seorang kades, Heru Sugiono, menyampaikan aspirasi agar pemerintah bisa punya gebrakan untuk memperbaharui data kependudukan secara reguler. Menurut Kades Pangungsari, Durenan, Trenggalek itu data yang diperbarui seperti data kemiskinan yang kerap berubah dan sudah tak lama di-update

"Sudah lama nggak di-update padahal ada warga yang sudah meninggal. Ada yang mulanya miskin tidak lagi miskin dan sebaliknya. Ini harus di-update tiga bulan sekali," ujar Heru.

Pun, dia mendoakan agar Cak Imin bisa terpilih sebagai RI 1 di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024."Mudah-mudahan 2024 terpilih sebagai presiden karena Bapak Muhaimin yang tahu soal desa," katanya.

Lalu ada, juga Syafii yang merupakan kades Balongjeruk, Kabupaten Kediri mengeluhkan persoalan kelangkaan pupuk yang kerap dihadapi warganya. Kata dia, kelangkaan pupuk jadi keluhan massal petani. 

"Dulu 2014 masa awal Presiden Jokowi, pupuk ada lima jenis. Sekarang hanya dua, itupun kemasannya berkurang," sebutnya.

Syafii berharap jika Cak Imin jadi Presiden maka mesti bisa memperjuangkan nasib petani. "Dan, saya doakan 2024 Gus Muhaimin Preiden dan PKB jaya," ujarnya.

Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin terima mandat dari kades se Jatim

Photo :
  • Istimewa

Cak Imin menanggapi aspirasi para kades. Dia mengaku aspirasi itu sudah dicatat dengan detail. "Ini semua adalah mandat yang insya Allah saya akan berjuang sekuat tenaga untuk mewujudkan mandat kepala desa," ujarnya.

Dia bilang, pembangunan yang paling efektif dimulai dari desa. Sebab, anggaran yang dialokasikan bisa langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat desa. 

Lebih lanjut, dia mengatakan ada tiga hal yang mesti diperhatikan pemerintah desa. Pertama, pemerintah desa harus mampu menggunakan alokasi anggaran desa secara akuntabel. Kemudian, yang kedua, pelaksanaan pembangunan desa mesti mengedepankan partisipasi masyarakat. 

Selanjutnya, ketiga, dia menekankan mesti ada sistem kontrol yang berjalan secara efektif di desa. Ia mengatakan selama 6 tahun alokasi dana desa ini, para kades mulai belajar dengan baik. 

"Tiga syarat itu yang perlu dipersiapkan sehingga kalau benar saya diamanati memimpin republik ini, saya akan melaksanakan sepenuhnya aspirasi pembangunan yang berpusat dari desa," tutur Wakil Ketua DPR tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya