Gatot Nurmantyo: Partai Ummat adalah Evaluasi dari Pendirian PAN

Mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Politik - Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo mengatakan Partai Ummat sebagai parpol pendatang baru yang terbentuk dari evaluasi Partai Amanat Nasional (PAN). Sejumlah pendiri Partai Ummat memang berasal dari PAN.

Yandri Klaim Seluruh DPW dan DPD PAN Ingin Zulhas Kembali Ketua Umum

Demikian disampaikan Gatot saat menjadi pembicara sesi leadership forum di Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Ummat di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur.

"Partai Ummat ini adalah evaluasi dari pendirian Partai Amanat Nasional (PAN)," kata Gatot, Rabu, 15 Februari 2023.

Prabowo Bertemu Cak Imin, PAN: Jangan Langsung Artikan PKB Sudah Pasti Gabung

Menurut Gatot, Partai Ummat ini lahir dengan mengambil semangat keteladanan dari tokoh-tokoh Muhamadiyah yang berperan penting bagi kemerdekaan Indonesia.

"Partai Ummat ini adalah partai yang mengambil spirit keteladanan tokoh-tokoh Muhamadiyah yang telah mengukir di negara ini," tutur Gatot.

Pesan Penting Haedar Nashir untuk Prabowo Usai Ditetapkan Presiden Terpilih

Selain itu, dia mengatakan Partai Ummat juga  mengambil spirit dari tokoh-tokoh nasional salah satunya Amien Rais. Amien Rais sendiri sudah menorehkan dedikasinya di dunia politik dengan mendirikan Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Ummat.

"Partai Ummat ini juga mengambil spirit dari tokoh nasional, karenanya Partai Ummat didirikan tokoh sentral dan tokoh Islam Indonesia yaitu Pak Amien Rais dan telah dibuktikan dengan PAN. Partai Ummat ini adalah evaluasi dari PAN," sebut eks Kepala Staf TNI AD (KSAD) tersebut.

Amien Rais bersama Anies Baswedan saat Rakernas Partai Ummat.

Photo :
  • Twitter Amien Rais Official @realAmienRais

Dalam kancah politik, usia Partai Ummat masih belia karena didirikan 28 April 2021. Artinya, Partai Ummat saat ini belum genap dua tahun. Sejumlah tokoh Partai Ummat merupakan alumni dari PAN seperti Amien Rais, Buhari Kahar, hingga Nazarudin.

Setahun jelang Pilpres 2024, Partai Ummat resmi menyatakan dukungan terhadap eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai bakal capres 2024. 

Anies sebelumnya juga dapat dukungan dari tiga parpol parlemen yakni Nasdem, Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya