Pesan Penting Haedar Nashir untuk Prabowo Usai Ditetapkan Presiden Terpilih

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir
Sumber :
  • VIVA.co.id/Cahyo Edi (Yogyakarta)

Jakarta - Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir meminta kepada Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka agar menjaga amanat rakyat Indonesia usai resmi ditetapkan KPU RI sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2024. Hal tersebut diungkapkan Haedar Nashir dalam acara halalbihalal Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Cerita Zulhas Sempat Tolak Gibran Jadi Cawapres Prabowo, Maunya Erick Thohir

"Yang diberi mandat juga Pak Prabowo sebagai sosok yang tentu kita harapkan ke depan sesuai dengan mekanismenya bisa membawa amanat rakyat, untuk negara lain mempersatukan bangsa, disamping menjaga kedaulatan menjadikan Indonesia bersatu adil dan makmur dan sebagainya," ujar Haedar dalam sambutannya di Universitas Muhammadiyah Jakarta, Tangerang Selatan, Rabu, 24 April 2024.

Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Kala Prabowo Kenang Masa Digembleng Senior di TNI, Begini Kisahnya

Di sisi lain, Haedar juga meminta kepada seluruh pihak yang tak puas terkait hasil Pemilu 2024 untuk menerima hasil yang telah diputuskan dan ditetapkan, termasuk seluruh masyarakat di Indonesia.

"Alhamdulillah pemilu sudah selesai, kemudian MK Sudah mengumumkan hasilnya dengan segala dinamikanya. Ada yang puas ada yang tidak puas. Kemudian secara umum justru kita menghargai bagaimana para tokoh bangsa itu bersikap konstitusional menghadapi dinamika itu," kata dia.

Wakili Alumni Akabri, Begini Doa SBY untuk Prabowo

Ia pun mencontohkan para lawan politik dari Prabowo-Gibran, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar serta Ganjar Pranowo-Mahfud MD juga sudah menerima keputusan MK terkait sengketa Pilpres 2024. Ia menambahkan, dalam memajukan bangsa Indonesia, juga diperlukan semangat kebersamaan.

"Pak Anies, Pak Muhaimin, kemudian ada Pak Ganjar, Pak Mahfud sudah men-declare, sudah menerima hasil MK dengan kenegarawanannya mari kita terus membangun bangsa ini termasuk catatan kritisnya. Dan catatan kritis itu juga bagian dari hidupnya berdinamika berbangsa," tuturnya.

Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menetapkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029. Penetapan Prabowo-Gibran dilakukan dua hari setelah putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

Ketua KPU Hasyim Asy'ari yang langsung mengumumkan penetapan pasangan nomor urut 02 di Pilpres 2024 itu sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih. Penetapan KPU dilakukan melalui rapat pleno yang digelar terbuka.

"Menetapkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Bapak Haji Prabowo Subianto dan Bapak Gibran Rakabuming Raka dengan perolehan suara sebanyak 96.214.691 suara atau 58,6 persen total suara sah nasional sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih periode tahun 2024-2029," kata Hasyim di Gedung KPU, Jakarta, Rabu, 24 April 2024.

Penetapan KPU itu dilakukan setelah dua hari putusan MK yang menolak seluruh dalil permohonan gugatan sengketa hasil Pilpres 2024 yang diajukan pasangan 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) dan pasangan 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya