Golkar Tak Khawatir Cari Pengganti Zainudin Amali Jika Mundur dari Menpora

Menpora RI Zainudin Amali di Istana Kepresidenan
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

VIVA Politik - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali diisukan mundur dari posisinya. Partai Golkar tak khawatir mencari pengganti Amali jika eks Anggota DPR itu benar mundur.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Juru Bicara Partai Golkar Tantowi Yahya mengatakan pihaknya memiliki banyak kader untuk menjadi Menpora.

"Jadi, Ketum dalam hal ini tidak terlalu gusar dan mencari siapa pengganti. Karena Golkar itu partai kader dan partainya sudah disiapkan untuk posisi apapun," kata Tantowi kepada wartawan, Senin, 20 Februari 2023.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Tantowi menjelaskankader-kader Golkar sudah ditempa untuk menjadi pemimpin bangsa. Maka itu, kata dia, Airlangga memiliki banyak pilihan untuk menggantikan posisi Amali.

"Golkar itu partai kader. Jadi, saya selalu menyebut bahwa Golkar itu kawah candradimuka tempat pembentukan dari calon-calon pemimpin bangsa di berbagai tingkatan," ujarnya.

Gaji di Timnas Miliaran, Pelatih Shin Tae-yong Mudah Beli Hyundai Palisade tiap Bulan

Lebih lanjut, Tantowi mengatakan Amali sudah menyatakan siap mundur dari jabatan Menpora dan fokus mengurus PSSI. Namun, kata dia, pengunduran diri Amali tergantung Presiden Jokowi yang memiliki hak prerogatif mengangkat dan memberhentikan menteri.

"Dari pernyataan beliau kan seperti itu. Jadi, dia nggak berkeberatan mundur dari posisi menteri karena ingin fokus di bola di PSSI," kata Tantowi.

Diketahui, Zainudin Amali telah menghadap Presiden Jokowi untuk melaporkan bahwa dirinya terpilih menjadi wakil ketua umum PSSI. Di hadapan Presiden Jokowi, Zainuddin mengaku ingin fokus mengurus bola bersama PSSI.

Menpora Zainudin Amali

Photo :
  • VIVA/B.S Putra

Amali mengatakan demikian saat bersama pengurus PSSI termasuk ketua Umum Erick Thohir bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Negara, Senin, 20 Februari 2023.

"Saya secara pribadi sudah lapor ke presiden dan tentunya beliau sudah mengetahui saya terpilih sebagai Wakil Ketua umum PSSI. Beliau menyerahkan sepenuhnya kepada saya. Saya sampaikan ke presiden kalau saya akan fokus dan konsentrasi mengurus sepak bola menjadi pengurus PSSI," kata Amali.

Kata dia, Presiden Jokowi, mengizinkan dirinya untuk fokus dan konsentrasi mengurus sepak bola mendampingi Erick Thohir. Meski demikian, dia masih enggan memastikan dirinya mundur dari jabatan Menteri Pemuda dan Olahraga.

"Ya, kalian terjemahkan sendiri. Intinya saya bilang ke presiden untuk konsentrasi dan fokus mengurus sepak bola dan presiden mempersilakan," kata Amali.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya