Presiden PKS Instruksikan Seluruh Kadernya Gerak Menangkan Anies Baswedan di Pilpres

Deklarasi PKS Usung Anies Baswedan Sebagai Capres di Pilpres 2024
Sumber :
  • VIVA/ Yeni Lestari/ Humas PKS

VIVA Politik – Presiden Partai Keadilan Sejahtera atau PKS, Ahmad Syaikhu, yakin Anies Baswedan memiliki peluang besar untuk menang dalam Pilpres 2024. Maka pihaknya memutuskan untuk mengusung mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Anies Puji Konsistensi PKS Jadi Oposisi di Depan Surya Paloh dan Cak Imin

Hal itu dikatakan Syaikhu, saat menyampaikan hasil Musyawarah Majelis Syuro VIII di Kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Kamis, 23 Februari 2023.

"Saya yakin betul, saudara Anies Rasyid Baswedan ini tidak hanya memiliki kapasitas dan integritas. Melainkan juga memiliki peluang menang yang besar dalam kontestasi pemilu di tahun 2024, Pilpres 2024," kata Ahmad Syaikhu, di kantor DPTP PKS.

Tak Bakal Usung Anies, Ini Sederet Kader yang Dijagokan PKS di Pigub Jakarta

Menangkan Anies Baswedan

Presiden PKS Ahmad Syaikhu bersama Anies Baswedan serta elite pengurus DPP PKS.

Photo :
  • Dok. PKS
Prabowo Tak Hadir di Acara Halal Bihalal PKS, Ini Alasannya

Dengan resminya PKS mengusung Anies, maka Syaikhu meminta seluruh kader hingga simpatisan PKS, untuk mensosialisasikan Anies Baswedan selaku capres 2024 secara lebih masif. Tak terkecuali bagi para kader PKS yang akan maju sebagai calon legislatif (caleg), juga diminta untuk mempromosikannya.

"Saya instruksikan kepada struktur anggota, simpatisan PKS di seluruh Indonesia untuk mengenalkan dan mensosialisasikan saudara Anies Rasyid Baswedan ke seluruh pelosok dan penjuru negeri sebagai bakal calon presiden (bacapres) RI yang diusung PKS," jelasnya.

"Bagi para caleg, ya silakan, makin disosialisasikan lebih masif," imbuh Syaikhu.

Sebelumnya diberitakan, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi mendeklarasikan dukungan terhadap Anies Baswedan untuk maju sebagai calon presiden (capres) pada Pilpres 2024.

Presiden PKS, Ahmad Syaikhu mengatakan deklarasi dukungan terhadap eks Gubernur DKI Jakarta itu disampaikan berdasarkan hasil musyawarah yang diselenggarakan Majelis Syuro VIII PKS. 

"Alhamdulillah, pembahasan mengerucut pada sosok yang dimaksud Anies Rasyid Baswedan. Kita usung beliau menjadi tokoh nasional dan Allah takdirkan sebagai presiden," ujar Ahmad Syaikhu di Kantor DPP PKS, di Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Kamis, 23 Februari 2023.

Syaikhu mengatakan ada tiga parameter yang menjadi petunjuk sehingga Majelis Syuro memilih untuk mendukung Anies Baswedan. Pertama, Anies dinilai memiliki karakter nasionalis religius. 

Kedua, Anies menurut Syaikhu merupakan sosok pemimpin yang bisa memadukan nilai-nilai nasionalisme dengan religiusitas menjadi satu kesatuan. 

"Ketiga, kami menilai saudara Anies Rasyid Baswedan memiliki rekam jejak yang mumpuni dan menjadi simbol perubahan bagi kemajuan pembangunan dan itu sudah dibuktikan oleh beliau ketika membangun daerah Ibu Kota DKI Jakarta," tutur Syaikhu. 

Sebagaimana diketahui, Anies Baswedan pertama kali dinyatakan sebagai bacapres dalam Pilpres 2024 oleh Partai Nasdem pada 3 Oktober 2022 silam di Nasdem Tower yang dibacakan langsung oleh Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh.

Kemudian Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memberikan penegasan pernyataan mendukung Anies Baswedan sebagai Bacapres saat kunjungan Surya Paloh pada 22 Februari 2023 di Kantor DPP Partai Nasional Demokrat. Dukungan juga berlanjut dari PKS berdasarkan hasil Musyawarah Majelis Syuro di Kantor DPTP PKS, Kamis, 23 Februari 2023.

Ketiga partai yakni PKS, Nasdem dan Demokrat berencana untuk membentuk koalisi bernama Koalisi Perubahan. Namun, hingga kini, ketiga partai tersebut belum menyatakan deklarasi terkait koalisi ini. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya