Survei Litbang Kompas: Head to Head, Anies 39,8% Vs Ganjar 60,2%

Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan
Sumber :
  • Tangkapan Layar: Instagram

VIVA Politik – Litbang Kompas merilis hasil survei terbaru terkait elektabilitas para tokoh menjelang Pemilu 2024. Dalam survei yang dilakukan Januari 2023 itu, Litbang Kompas melakukan simulasi head to head sosok yang selama ini disebut sebagai bakal capres, yakni Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Ada Kesan Anies Baswedan Mulai Ditinggalkan Partai Pendukungnya, Menurut Pengamat

Kedua sosok itu juga kerap berada di posisi teratas dalam survei Litbang Kompas beberapa waktu terakhir. Secara head to head atau berhadapan, Anies kalah telak dari Ganjar Pranowo. 

Gubernur Jawa Tengah itu mengantongi elektabilitas sebesar 60,2 persen. Sementara Anies hanya mendapat elektabilitas 39,8 persen. Survei tersebut juga melakukan simulasi pemilihan presiden dengan tiga calon yakni Ganjar, Prabowo, dan Anies.

Pengawasan Pilkada 2024 di Kabupaten Puncak Papua Terancam Tak Maksimal

Hasilnya, Ganjar memiliki elektabilitas sebesar 34,9 persen, unggul dari Prabowo (28,7 persen) dan Anies (24 persen). Sementara itu, masih ada 12,4 persen responden yang menjawab tidak ada/tidak tahu.

Komisi II DPR Dorong Revisi UU Pemilu Awal Periode 2024-2029

Survei ini berlangsung pada 25 Januari hingga 4 Februari 2023, serta melibatkan 1.202 responden dari 38 provinsi di Tanah Air.

Jajak pendapat dilakukan melalui wawancara tatap muka, dan sampel ditentukan secara acak melalui metode pencuplikan sistematis bertingkat.

Survei Litbang Kompas memiliki tingkat kepercayaan mencapai 95 persen, dan margin of error kurang lebih 2,83 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya