Elektabilitas Tinggi, Rano Karno Didukung Kader PDIP Maju Jadi Gubernur Banten

Rano Karno saat rangkaian Acara HUT PDIP Tangsel
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Politik - Politikus PDI Perjuangan (PDIP) yang juga Anggota DPR Rano Karno dapat dukungan untuk maju sebagai Gubernur Banten di Pilkada 2024. Dukungan itu salah satunya disampaikan Ketua DPC PDIP Tangerang Selatan Wanto Sugito.

Menteri PUPR Basuki Lapor ke Jokowi Tidak Mau Maju di Pilkada Jakarta

Wanto mengatakan demikian saat Jalan Sehat dan Banteng Festival Budaya yang merupakan rangkaian acara HUT PDIP Tangerang Selatan, Minggu, 26 Februari 2023. Dia menilai Rano punya peran besar saat menjabat Wakil Bupati Tangerang dalam percepat pembangunan di Tangerang Raya. 

Menurut Wanto, Rano juga punya elektabilitas tinggi dalam berbagai survei bursa calon Gubernur Banten. Ia siap mengawal Rano agar bisa kembali meraih posisi Banten 1.

Namanya Masuk Bursa Cagub DKI Jakarta, Menteri Basuki Buka Suara

"Hadir juga di antara kita Si Doel, Bapak Rano Karno, yang sebentar lagi akan kembali menjadi Gubernur Banten," kata Wanto saat menyampaikan pidato yang dikutip dalam keterangannya pada Senin, 27 Februari 2023.

Pernyataan Wanto tersebut direspons meriah oleh ribuan pengunjung dan kader PDIP lain yang mengikuti karnaval budaya di Lapangan Lengkong Gudang, Serpong, Tangerang Selatan. 

Loyal Dukung Prabowo, Maruarar Sirait: Kita Gak Ada Bicara jabatan Menteri

Rano Karno saat rangkaian Acara HUT PDIP Tangsel

Photo :
  • Istimewa

Dia menyebut Rano punya kans yang bagus untuk kembali menjadi Gubernur Banten. Ia bilang Rano juga sosok yang rajin turun ke tengah masyarakat.

"Itu modal yang membuat kita optimis, yang keluar rekomendasinya sebagai calon gubernur di Banten adalah Rano Karno," lanjut Wanto. 

Wanto menambahkan, untuk wilayah Tangsel, elektabilitas Rano Karno cukup tinggi. Ia mengatakan seperti itu karena merujuk survei internal hingga perhari Minggu kemarin, eks Wagub Banten itu paling tinggi dibanding nama lain dalam bursa gubernur.

"Sehingga dari anak ranting, RT, RW, kita akan hidupkan untuk beliau sambil menunggu keputusan Bu Mega menyetujui Rano sebagai cagub Banten," ungkapnya. 

Selain ribuan masyarakat, acara jalan Sehat dan parade budaya itu diikuti kader PDIP seperti Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Briokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, elite DPP PDIP Eriko Sotarduga, hingga ketua DPD PDIP Banten yang juga wakil bupati Lebak Ade Sumardi.

Omongan Rano

Rano menceritakan pengalamannya saat menjabat Wakil Bupati Tangerang mendampingi Ismet Iskandar pada 2007. Dia mengatakan dirinya terlibat aktif mengantarkan Tangerang Selatan terbentuk.

"Itu tahun 2007, waktu saya masih jadi Wabup Kabupaten Tangerang. Artinya memang setelah sepakat Tangsel dibentuk, boleh dikatakan saya aktif menghantar," ujar Rano dalam acara Jalan Sehat dan Banteng Festival Budaya. 

Rano menyampaikan dirinya juga bangga atas pencapaian Kota Tangerang Selatan. Ia menyebut pembangunan sejumlah ruas tol di Tangerang Selatan sudah jadi prioritas pembangunan pemerintah pusat. Ia menekankan akan terus aktif mengawal percepatan pembangunan tersebut.

"Tangsel berkembang, dan saya sangat bangga. Soal tol itu ada empat yang diprioritaskan presiden selain tol Serang-Panimbang, seperti Tol Kunciran dan Tol Serpong-Balaraja. Itu adalah bagian dari 14 program prioritas nasional presiden," jelas Rano.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya