Soroti Omongan Megawati soal Ibu-ibu Pengajian, Chusnul: Ibu Kita Ini Sekarang Banyak Gelar

Aktivis dan pengamat politik Chusnul Mar'iah.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA Politik - Aktivis yang juga pengamat politik Chusnul Mar'iyah menyoroti omongan Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri yang menyinggung ibu-ibu pengajian. Menurut dia, Megawati kurang berempati terhadap isu perempuan.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Chusnul mengatakan dirinya mengenal sosok Megawati karena sempat bicara langsung. Momen itu terjadi saat Megawati masih menjabat sebagai Presiden RI ke-5. Ia juga pernah mengirim surat terbuka kepada Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) tersebut.

"Dan, saya sebetulnya pernah berkesempatan pada waktu itu launching dengan Ibu Megawati di rumah beliau waktu beliau saat Presiden RI," kata Chusnul dalam program Perempuan Bicara tvOne yang dikutip VIVA pada Senin, 27 Februari 2023.

Mendukung Perkembangan Voli Indonesia melalui Kiprah Megawati dan Fun Volleyball 2024

Dia menyampaikan ada beberapa hal menyangkut omongan Megawati soal ibu-ibu pengajian. Pertama, dia menangkap dari reaksi publik bahwa isu ini berkaitan dengan agama.

"Agamanya yang diserang. Dan, ini bukan yang pertama yang diserang. Jadi, publik menganggap bahwa agama yang diserang. Agama Islam yang diserang," jelas Chusnul.

Megawati Belum Putuskan soal Usulan Kerja Sama dengan Prabowo

Baca Juga: Penjelasan PDIP Soal Megawati Heran Ibu-Ibu Suka Pengajian

Chusnul menekankan sebagai negarawan, mestinya Megawati paham konstitusi. Dia mengatakan dengan menyinggung pasal 29 ayat 1 dan 2 terkait negara menjamin kemerdekaan.

"Setiap negara beribadah memeluk sesuai agama masing-masing dan beribadah sesuai agamanya. Dan, ini persoalannya kalau masalah perempuan, sepertinya ibu megawati ini, ya kurang," lanjut Chusnul.

Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri

Photo :
  • Dok. PDI Perjuangan

Dia menyinggung Megawati yang pernah melontarkan pernyataan soal minyak goreng langka yang membuat ibu-ibu mengantre. Megawati saat itu heran ibu-ibu hanya mengetahui cara memasak dengan menggoreng.

"Dan, ini bukan yang pertama. Dulu kasus minyak goreng, misalnya. Jadi, empati terhadap isu perempuan sepertinya kurang," tuturnya.

"Di dalam konteks ini. Mungkin karena dari kecil hidup di Istana, jadi kadang-kadang kurang memiliki empati, atau berpihak," ujarnya.

Lalu, dia menyampaikan status Megawati saat ini sebagai Ketua Dewan Pengarah BRIN yang merupakan lembaga riset. Dengan status itu, Megawati mesti punya data dan argumen dalam menyampaikan pernyataan ke publik.

"Kemudian secara politik, Ibu kita ini kan sekarang banyak gelar. Apalagi memimpin BRIN. Berbicara sebagai seorang profesional, seorang ilmuwan itu harus punya data, argumen, baru mengambil kesimpulan," tuturnya.

Dia bilang terkait itu mesti ada daftar pustaka dan referensinya dala bicara ibu-ibu pengajian. Bagi dia, penjelasan elite PDIP bahwa omongan Megawati terkait stunting sepertinya tak ada kaitannya.

"Nah, kalau  misalnya isunya stunting tidak ada urusannnya dengan ibu-ibu pengajian. Stunting itu kemiskinan struktural, negara yang harus melindungi warga negaranya, mensejahterahkan negaranya," sebutnya.

Klarifikasi PDIP

ELite PDIP meluruskan pernyataan Megawati Soekarnoputri ihwal ibu-ibu yang suka ikut pengajian. Omongan Megawati yang heran ibu-ibu suka ikut pengajian viral di media sosial dan jadi sorotan. 

Sekretaris Umum Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) PDIP, Nasyirul Falah Amru atau Gus Falah, Megawati tidak pernah melarang ibu-ibu ikut pengajian. Menurut dia, Megawati hanya meminta agar para ibu-ibu dapat seimbang antara mengaji dan mengurus anak.

"Sebab mengaji dan mengurus anak itu sama-sama untuk kepentingan dunia-akhirat, jadi mbok ya seimbang sehingga stunting dan sebagainya itu bisa dihindari, itu pesan sebenarnya dari Ibu Mega," kata Gus Falah dalam keterangannya, Rabu, 22 Februari 2023.  

Pun, dia mengatakan Megawati juga sudah meminta maaf sebelum ia menyampaikan pernyataan soal keheranannya tersebut. Dia mengatakan agar hal itu tak salah ditanggapi oleh semua yang mendengar. 

Dia heran ada sejumlah elit politik yang ikut bereaksi  mengenai omongan Megawati seperti politikus Partai Demokrat Andi Nurpati. Ia minta agar pernyataan Megawati dipahami di luar konteks.

"Jadi, semua pihak seharusnya tidak menggoreng berita yang tidak berdasarkan pernyataan Ibu Megawati yang sebenarnya," kata Gus Falah. 


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya