Strategi Emil Dardak Menangkan Anies Baswedan di Jawa Timur

Wagub Jatim sekaligus Ketua DPD Demokrat Jatim Emil Dardak.
Sumber :
  • Dok. Demokrat

VIVA Politik – Partai Demokrat resmi mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden atau capres, pada Pilpres 2024. Seluruh pengurus dan kader partai pun bersiap-siap, guna memenangkan pilihan partai berlambang bintang mercy tersebut.

Andi Arief Dikabarkan Sakit di Singapura, Butuh Donor Hati

Fokus pemenangan Anies yang diusung bersama-sama oleh Demokrat, PKS dan Partai Nasdem di dalam Koalisi Perubahan, adalah termasuk di Jawa Timur.

Ketua DPD Demokrat Jatim, Emil Elistianto Dardak, mengatakan sebagai langkah awal, pihaknya akan melakukan penguatan struktur partai hingga tingkat ranting. Dia mengatakan, sejauh ini jejaring partai dari tingkat DPD hingga ranting sudah berjalan dengan baik, tinggal dikuatkan saja.

Anies Beri Tanggapan Begini atas Pernyataan Luhut Minta Prabowo Tak Bawa Orang 'Toxic'

Anies Baswedan dan AHY di DPP Demokrat

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Selain pengurus, jejaring itu mulai dikuatkan oleh caleg-caleg yang bakal maju melalui Partai Demokrat. 

Didatangi Warga Diminta Maju Lagi di Pilgub DKI, Anies Jawab "Izinkan Berpikir Sejenak"

“Baik itu caleg inkumben maupun baru yang sudah mulai melakukan sosialisasi tentunya sesuai aturan yang berlaku, tidak didahului proses kampanye. Jadi, belum kampanye tapi sudah melakukan sosialisasi sesuai porsinya,” kata Emil Dardak di Surabaya, Kamis, 2 Maret 2024.

Dengan begitu, Emil berharap partainya di Jatim sesuai harapan Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY, yaitu menjadi wadah efektif untuk menyerap aspirasi masyarakat. 

“Itu rumusnya sama. Yaitu tadi, bangun jejaring kita dan bangun kebersamaan,” ujar suami dari Arumi Bachsin itu.

Dengan performa seperti itu, menurut Emil masyarakat akan bisa menyimpulkan sendiri bahwa memilih capres yang diusung oleh Demokrat adalah keputusan yang tepat. 

“Masyarakat bisa menyimpulkan sendiri bahwa jalur yang dibangun, kedekatan yang dijalin, itu diarahkan ke mana. Dalam hal ini tadi sudah disampaikan bahwa calon presiden yang diusung secara resmi oleh Majelis Partai yaitu Bapak Anies Baswedan,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Majelis Tinggi Partai Demokrat membulatkan suara untuk mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) pada Pilpres 2024. Demokrat sebelumnya sudah menyatakan dalam keterangan tertulis mendukung Anies pada 26 Januari 2023.

Keputusan untuk mendukung Anies Baswedan itu disampaikan langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Menurut AHY, dukungan itu diputuskan dalam rapat Majelis Tinggi Partai Demokrat yang dipimpin langsung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada Rabu, 1 Maret 2023.

"Keputusan Majelis Tinggi Partai Demokrat yang telah diambil tadi malam dan dikonfirmasi hari ini langsung kepada beliau, Bapak Anies Baswedan sebagai calon presiden yang akan kami usung bersama," kata AHY di Kantor DPP Partai Demokrat, Kamis, 2 Februari 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya