Jadi Wisudawan Terbaik Unhan, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto Besok Diwisuda

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto Terima Penghargaan Mahasiswa Terbaik Unhan
Sumber :
  • PDI Perjuangan

VIVA Politik – Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, didapuk sebagai salah satu mahasiswa terbaik Universitas Pertahanan atau Unhan, untuk tahun ajaran 2023. Piagam diberikan hari ini, Senin 13 Maret 2023.

PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

Hasto adalah doktor Ilmu Pertahanan Unhan. Besok, Sekjen PDIP itu akan melaksanakan wisuda Doktoral Ilmu Pertahanan, yang dilaksanakan di kampus itu, Sentul Jawa Barat.

Hasto mengaku beruntung bisa mengenyam pendidikan di kampus Unhan. Digembleng dengan semangat bela negara, selama menempuh gelar doktor tersebut. Dia meraih IPK 4,0, predikat summa cum laude, Prodi Ilmu Pertahanan. 

Kasus TPPO Mahasiswa di Jerman, Polri Ajukan Red Notice ke Interpol

"Sebagaimana disampaikan Pak Rektor tadi. Perpaduan untuk membentuk pejuang, pemikir, negarawan dan juga tokoh-tokoh intelektual, kepemimpinan intelektual di dalam pertahanan dibangun, digembleng di Universitas Pertahanan RI," kata Hasto usai menerima penghargaan mahasiswa terbaik, yang dilaksanakan di Aula Merah Putih, Unhan, Senin 13 Maret 2023.

Ucapan terima kasih kepada Unhan, dilayangkan oleh politisi asal Yogyakarta tersebut. Terlebih dengan ilmu pertahanan yang dia peroleh. Apalagi ilmu tersebut kata Hasto, memiliki arti yang sangat luas.

Prabowo Gandeng PKB dan Nasdem, Gibran: Ini Bukan Meninggalkan PDIP

"Tidak hanya semangat juang dan bela negara yang dibangun. Pemikiran dan semangat patriotisme, tapi juga bagaimana perpaduan antara sosok warriors dan science diciptakan," jelasnya. 

Selama menjalani pendidikan di Unhan, jelasnya, semua mahasiswa dibangun solidaritas yang sangat kuat. Karena ilmu pertahanan mencakup banyak aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.

Apa yang telah diajarkan itu, tegas dia, sangat dibutuhkan dalam menjaga keselamatan bangsa, keutuhan wilayah NKRI, serta perjuangan mencapai kejayaan bangsa Indonesia seperti yang dicita-citakan para pendiri bangsa. 

Dalam hal ini, ia berpesan kepada seluruh generasi muda untuk terus membangun bangsa dan negara. Termasuk diantaranya melalui ilmu pertahanan. 

Ia pun menekankan pentingnya penguasaan ilmu pengetahuan riset dan inovasi. Sebab, hal itu berkaitan dengan diplomasi dan hukum internasional bangsa Indonesia dengan bangsa lainnya. Hal itu yang dituangkan Hasto dalam disertasi program Doktoralnya. 

"Hanya dengan itu kita bisa menjadi bangsa hebat. Seluruh anak-anak muda harus menggembleng diri karena kejayaan Indonesia dengan kekayaan luar biasa hanya bisa dilakukan ketika kita menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, menggunakan riset dan inovasi agar menjadi bangsa yang berdikari," jelas Hasto. 

Dia juga mengucapkan terima kasih dan penghormatan terhadap sosok yang menjadi promotor dan co promotor saat dia mengambil program doktor di Unhan.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada promotor dan co promotor yang telah memberi bimbingan. Terima kasih kepada Prof. Ir. Purnomo Yusgiantoro, M.Sc., M.A., Ph.D., Guru Besar Universitas Pertahanan RI, Laksdya TNI Prof. Dr. Ir. Amarulla Octavian, M.Sc., DESD. ASEAN Eng., Rektor Universitas Pertahanan RI dan Letjen TNI (Purn) Dr. I Wayan Midhio, M.Phil , Dosen Doktoral Universitas Pertahanan RI," sebut Hasto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya