Golkar dan KIB Solid, Kata Airlangga Merespons Pernyataan Cak Imin

Ketum Golkar Airlangga Hartarto (tengah) bersama petinggi PPP dan PAN di KIB.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Politik – Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto menanggapi pernyataan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yang menyebutkan bahwa Golkar makin dekat ke koalisi Partai Gerindra-PKB.

Zulhas: Banyak Orang Salah Sangka Prabowo Dianggap Menang karena Bansos

Airlangga menegaskan Golkar masih solid berada dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama PAN dan PPP. "Seluruh komunikasi antara partai baik dan Golkar dengan KIB solid," kata Airlangga di kantor pusat Partai Golkar, Jakarta, Senin, 13 Maret 2023.

Airlangga meengatakan, Golkar memang sudah intens berkomunikasi dengan PKB, namun itu tidak mengganggu soliditas partai yang tergabung dalam KIB.

Prabowo Sebut Jokowi Pemimpin yang Ikhlas

Koalisi Indonesia Bersatu KIB

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Artinya komunikasi antara parpol masih sangat baik semua. Apalagi Partai Golkar kan lambangnya pohon beringin, daunnya hijau," kata Airlangga.

Zulhas Klaim PAN Setia Jatuh-Bangun Bareng Prabowo selama 15 Tahun

Cak Imin sebelumnya mengatakan terus melakukan komunikasi intensif dengan Partai Golkar. Bahkan, katanya, Golkar sudah sangat dekat dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) bentukan Gerindra-PKB.

Pernyataan Cak Imin tersebut mengganggu keberadaan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bentukan Golkar, PAN dan PPP. Apalagi Golkar merupakan partai utama di KIB dan jika Golkar pindah ke koalisi KKIR, KIB terancam bubar.

“Kita saling komunikasi intensif dengan Golkar, sudah sangat dekat, artinya PKB, Golkar Gerindra makin dekat. Tapi kedekatan ini menjadi poin untuk menguatkan koalisi PKB-Gerindra,” kata Cak Imin di sela-sela acara lomba lari Women’s Day Run 10K di Jakarta, Minggu, 12 Maret.

Ketua Umum PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) Muhaimin Iskandar (kanan) bersama Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Cak Imin pernah bertemu dengan Airlangga Hartarto di Istora Senayan, Jakarta, pada 10 Februari. Dalam pertemuan tersebut, Cak Imin maupun Airlangga sama-sama membuka peluang untuk berkoalisi: baik PKB bergabung KIB bentukan Golkar, PAN dan PPP atau sebaliknya Golkar bergabung koalisi KKIR bentukan Gerindra-PKB. Bahkan terbuka kemungkinan KIB dan KKIR melebur menjadi satu koalisi besar.

Cak Imin juga mengungkapkan alasan KKIR belum mengumumkan pasangan capres dan cawapres yang akan diusung di Pilpres 2024. Koalisi Gerindra-PKB belum mendeklarasikan pasangan capres-cawapres karena masih membutuhkan tambahan partai lain untuk menambah kekuatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya