Elite PKB: Tahun Politik, Budaya Patriarki di Daerah Sangat Terlihat

Anggota DPR Fraksi PKB Siti Mukaromah alias Emma.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Politik - Budaya patriarki dinilai masih muncul di sejumlah daerah. Kemunculan itu akan sangat terlihat terutama saat memasuki tahun politik.

PKB dan Nasdem Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran, Kaesang Bilang Begini

Demikian disampaikan Anggota DPR Fraksi PKB Siti Mukaromah saat Kegiatan Womens Day Run di Jakarta. Politikus perempuan yang akrab disapa Ema itu menekankan pentingnya kesetaraan gender yang bisa mewujudkan kehidupan bangsa yang harmonis. 

Dia berpandangan dengan kesetaraan gender yang diimplementasikan maka akan berdampak positif terhadap kehidupan bernegara.

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

"Kesetaraan gender yang diimplementaaikan, dapat berimplikasi secara signifikan dalam harmonisasi kehidupan berbangsa dan bernegara," kata Emma, dalam keterangannya yang dikutip pada Selasa malam, 14 Maret 2023.

PKB Loyo Mau Gulirkan Hak Angket: Prabowo Sudah Keliling Partai

Emma menyoroti kekerasan terhadap perempuan yang masih marak terjadi. Bagi dia, hal itu karena masih kentalnya budaya patriarki terutama di daerah. 

Patriarki merupakan sistem sosial yang menempatkan pria sebagai pemegang kekuasaan utama dan mendominasi kepemimpinan politik, otoritas moral, serta hak sosial.

Ilustrasi Kesetaraan Gender

Photo :
  • vstory

Dia menekankan patriarki dianggap sebagai penghalang bagi perempuan dalam mewujudkan kesetaraan gender. Emma menyinggung hal itu karena patriarki masih muncul di sejumlah daerah. Bahkan, budaya patriarki akan terlihat saat tahun politik.

"Budaya patriarki masih muncul pada beberapa daerah. Apalagi di tahun politik, ini justru sangat terlihat. Misalnya dalam pemenuhan kuota perempuan memenuhi afirmasi yang diatur undang-undang," jelas Ketua Umum DPP Perempuan Bangsa tersebut.

Maka itu, dia mengatakan pihaknya dari Perempuan Bangsa terus mendorong peningkatan kualitas kader-kader perempuan. Ia bilang bukan hanya kuantitas dalam pemenuhan kuota, tapi juga kualitas perempuan.

Sebagai kepedulian memperingati Hari Perempuan Internasional, DPP Perempuan Bangsa bersama Garda Bangsa menggelar Fun Run 10 K yang diikuti sekitar 3000 peserta pada Minggu, 12 Maret 2023. Kegiatan Womens Day Run jadi rangkaian acara tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya