Pakar: Jangan-jangan Jokowi Serius, Arahnya Bisa Saja Dukung Prabowo

Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Subianto.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Politik - Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto tampak makin intens mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan kerja atau kunker. Terbatu, Prabowo mendampingi Jokowi saat kunker ke Tabalong, Kalimantan Selatan, Jumat, 17 Maret 2023.

Megawati Belum Putuskan soal Usulan Kerja Sama dengan Prabowo

Di Tabalong, sejumlah rangkaian kegiatan dilakukan Jokowi seperti menghadiri acara istigasah dan doa bersama Rabithat Melayu Banjar di Tabalong, Kalsel.

Pakar politik Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin menganalisa intensnya Prabowo menemani Jokowi bukan merupakan sebuah kebetulan. Dia menangkap makna khusus Jokowi yang selalu mengajak Prabowo.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

“Itu bukan sebuah kebetulan kalau Pak Jokowi selalu mengajak Prabowo. Jangan jangan, Jokowi memang serius dan arah-arahnya bisa saja mendukung Prabowo,” kata Ujang saat dikonfirmasi, Jumat malam, 17 Maret 2023.

Menhan Prabowo Subianto saat dampingi Presiden Jokowi kunker ke Tabalong, Kalsel

Photo :
  • Istimewa
Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Bagi Ujang, kemesraan Prabowo dan Jokowi tampak harmonis dan dinilai sebagai momen yang positif. 

Dia mengatakan saat ini Prabowo merupakan salah satu figur bakal capres. Kata dia, Prabowo tentu perlu dukungan yang bukan hanya dari Jokowi tapi juga dari berbagai pihak di antaranya stakeholder dan elit partai politik. 

“Apalagi, ketika Pilpres 2024 Jokowi masih menjadi presiden yang punya petunjuk, punya kekuatan jaringan, punya segalanya, Jokowi bisa mendukung siapapun," lanjut Ujang.

Menurut dia, jika Jokowi mendukung Prabowo maka jadi modal bagus untuk eks Danjen Kopassus tersebut.

"Kalau Jokowi endorse Prabowo, dan betul-betul dukung Prabowo, Prabowo bisa sebagai capres unggulan dan berpotensi bisa menang,” tutur Ujang.

Saat di Tabalong Kalsel, Prabowo sempat duduk bersebelahan dengan Jokowi ketika acara berlangsung di panggung. Prabowo mengenakan kemeja putih beserta kopiah dan celana hitam.

Sementara, Jokowi mengenakan pakaian senada dengan Prabowo yakni, kemeja putih. Namun, kemeja putih Jokowi dibalut dengan jas berwarna biru tua yang dipadukan dengan sarung hijau. Jokowi juga mengenakan kopiah berwarna senada yakni hitam seperti yang Prabowo kenakan.

Adapun dari Istana menjelaskan kehadiran Prabowo dala kunker ke Tabalong sebagai tamu yang diundang panitia penyelenggara. Maka itu, Prabowo juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan pidato.

“Pak Prabowo diundang oleh Panitia ke acara tadi. Bahkan, kasih sambutan sebelum Presiden hadir.” Kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Sebelumnya, Jokowi dan Prabowo juga terlihat akrab saat acara panen raya di Kebumen, Jawa Tengah, beberapa hari lalu. Saat itu, hadir juga Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. 

Momen kehadiran Prabowo dan Ganjar dengan duet bersama ditafsirkan dapat dukungan untuk berduet dari Jokowi. Sinyal dukungan itu ditafsirkan karena Jokowi beberapa kali diitafsirkan meng-endorse Prabowo dan Ganjar.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya