Eks Wagub DKI Riza Patria Bakal Maju Jadi Caleg DPR RI pada 2024

Ketua Gerindra DKI Ahmad Riza Patria
Sumber :
  • VIVA/Riyan Rizki

VIVA Politik – Eks Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria berencana maju dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) DPR RI pada Pemilu 2024 mendatang. Riza mengaku akan mendaftarkan diri sebagai calon legislatif (caleg) untuk daerah pemilihan (dapil) DKI Jakarta. 

Prabowo Gandeng PKB dan Nasdem, Gibran: Ini Bukan Meninggalkan PDIP

"Ya insyaallah. Ke depan, mungkin (nyaleg) di Jakarta," ujar Riza Patria kepada wartawan, seperti dikutip, Rabu, 22 Maret 2023.

Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria

Photo :
  • Istimewa
Soal PKB Gabung di Pemerintahan Prabowo, Cak Imin: Sudah Cethowelo-welo, Jelas Terpampang

Riza memilih Jakarta sebagai daerah pemilihan (dapil) lantaran posisinya saat ini berada di Jakarta dan mengemban tugas sebagai Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta. 

"Namanya ketua di DKI, masa nyaleg-nya di luar DKI? Jadi pertimbangannya karena saya di DKI, ya nyaleg di DKI," sambungnya.

Gerindra Pastikan Prabowo Tak Bicara Kursi Menteri saat Bertemu Surya Paloh

Kendati begitu, Riza menyatakan urusan pencalonan legislatif dirinya masih menunggu keputusan resmi dari DPP Partai Gerindra. Jika DPP Gerindra memberikan restu, maka Riza sudah dipastikan langsung menyakinkan diri.

"Keputusan ada di DPP. Saya mengikuti saja apa yang jadi keputusan DPP," tuturnya. 

Pernah Dua Periode Jadi Anggota DPR

Ahmad Riza Patria diketahui pernah menjabat sebagai anggota DPR RI dari fraksi Partai Gerindra selama dua periode.

Pada tahun 2014-2019, Riza menjabat sebagai Wakil Ketua Fraksi Gerindra MPR RI. Kemudian, pada periode yang sama, ia menduduki jabatan Wakil Ketua Komisi II DPR RI.

Kiprah Riza di dunia politik berlanjut dengan mendampingi Anies Baswedan sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta selama hampir 2,5 tahun. Riza dipilih untuk menggantikan posisi Sandiaga Uno yang saat itu mengundurkan diri lantaran maju sebagai cawapres dengan pasangan calon presiden Prabowo Subianto pada Pilpres 2019 lalu. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya