Soal Cawapres Anies, Demokrat: Nama Sandiaga Uno Kami Tutup, Tokoh Lain Silakan

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY di DPP Demokrat.
Sumber :
  • Twitter AHY @AgusYudhoyono

VIVA Politik - Mencuat nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno masuk bursa jadi cawapres untuk Anies Baswedan. Munculnya nama Sandiaga itu direspons dingin oleh elite Partai Demokrat.

DKPP Terima Ratusan Pengaduan Pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu sepanjang 2024

Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPP Partai Demokorat Andi Arief menyampaikan, pihaknya tak akan membuka ruang untuk membahas nama Sandiaga jadi cawapres untuk Anies  di Pilpres 2024

Andi menyatakan, nama Sandiaga tak akan dibahas dalam Koalisi Perubahan untuk jadi pendamping dari Anies. Namun, untuk tokoh-tokoh lainnya masih bisa dibicarakan. 

Oposisi Diperlukan agar Ada yang Mengingatkan kalau Ada Penyimpangan, Menurut Pakar BRIN

"Ya nanti dibicarakan lah, yang penting bagi Demokrat, nama Sandi Uno kami tutup. Tidak akan membicarakan nama itu lagi. Tapi, kalau nama-nama lain silakan dibicarakan nanti," kata Andi saat dihubungi wartawan, Jumat, 14 April 2023.

Sandiaga Uno.

Photo :
  • VIVA/Andrew Tito
Isu Duet Anies-Ahok di Pilkada DKI, Ganjar: Daftar Dulu Aja

Meski demikian, ia menekkankan pihaknya mengembalikan kepada Anies soal sosok yang akan dipilih untuk menjadi cawapresnya dalam pesta demokrasi nanti. 

"Tergantung Pak Anies akan memutus siapa, apakah Mas AHY, apakah calon yang dikemukakan oleh PKS, atau calon yang dikemukakan oleh Nasdem gitu," jelas Andi.

"Saya kira itu saja, biarlah masyarakat mempersiapkan dulu Hari Raya, hari yang suci ini, biar kita tidak bicara politik dulu," kata Andi Arief.

Sebelumnya, Sandiaga menyerahkan keputusan kepada pimpinan partai politik (parpol) soal kemungkinan dirinya jadi cawapres Anies.

Pernyataan itu dilontarkan Sandiaga saat menghadiri undangan acara PKS di Yayasan Karawang Bekasi Madani di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Eks Wakil Gubernur DKI itu mengaku selalu mendengar masukan para ulam. Selain itu, dia mengatakan semua langkah politiknya harus direstui pimpinan partai dan pimpinan di pemerintahan. 

Sementara, dari elite PKS sempat mengungkapkan, mungkin saja Anies kembali berjodoh dengan Sandiaga. Sejumlah elite PKS setuju jika Anies berduet lagi dengan Sandiaga.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya