Survei Capres: Elektabilitas Prabowo Tertinggi di Jatim, Ganjar dan Anies Keok

Prabowo Subianto
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Politik – Lembaga Survei Analisa Kebijakan Publik (Lanskap) merilis temuan terbarunya terkait elektabilitas terhadap bakal calon presiden. Elektabiitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto unggul di Provinsi Jawa Timur dengan besaran mencapai 26,1 persen. 

Momen Mahfud MD, Ketua MA hingga Ketua THN Amin Baca Puisi di Halal Bihalal IKA UII

"Posisi puncak di Jawa Timur ditempati oleh Pak Prabowo Subianto sebanyak 26,1 persen," kata Direktur Eksekutif Lanskap, Mochammad Thoha dalam paparannya secara virtual, Senin 17 April 2023.

Sementara, elektabilitas Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berada di posisi kedua sebesar 19,3 persen. Lalu, disusul eks Gubernur DKI Anies Baswedan yang mencapai 19 persen. 

PPP Bakal Gelar Rapimnas Tentukan Arah Politik, Berani Gak jadi Oposisi Prabowo?

Adapun nama-nama kandidat yang masuk dalam survei yaitu, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Andika Perkasa, Mahfud MD, Erick Thohir, Puan Maharani, Muhaimin Iskandar, Airlangga Hartarto, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Khofifah I Parawansa, Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno.

Ketum Gerindra Prabowo Subianto dengan Presiden RI Jokowi.

Photo :
  • Instagram @prabowo
Mardiono Akui Bakal Segera Temui Prabowo: Sedang Kita Atur Waktu

Thoha menyampaikan analisa figur Prabowo Subianto masih berada di urutan tiga besar di Jawa Tengah lantaran beberapa faktor. Salah satunya, kegiatan safari menteri Pertahanan tersebut ke beberapa daerah bersama dengan Presiden Jokowi.

"Prabowo mampu muncul sebagai runner up mungkin adalah buah dari safarinya di Jateng bertemu para tokoh berpengaruh dan memiliki akar dan modal sosial yang kuat. Lagi-lagi di samping hubungannya yang sangat baik dengan Jokowi," katanya.

Adapun survei yang dilakukan Lanskap ini merupakan survei terpisah, di mana kerangka sampel diambil masing-masing. Pengambilan data survei ini dilakukan bersamaan. 

Populasi survei ini adalah seluruh warga di kedua Provinsi, yaitu Jawa Tengah dan Jawa Timur yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berumur 16 tahun atau lebih. Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling

Pertama survei di Jawa Tengah di ambil pada tanggal 1 hingga 10 April 2023. Jumlah sampel sebanyak 880 orang. Sampel berasal dari seluruh provinsi Jawa Tengah.

 Dengan asumsi metode multistage random sampling, ukuran sampel 880 responden memiliki toleransi kesalahan margin of error sekitar -+ 3,3% pada tingkat kepercayaan 95%. Dengan melakukan pengumpulan data secara direct interview.

Kedua, survei di Jawa Timur di ambil pada tanggal 1 hingga 10 April 2023. Jumlah sampel sebanyak 880 orang. Sampel berasal dari seluruh provinsi Jawa Timur. 

Dengan asumsi metode multistage random sampling, ukuran sampel 880 responden memiliki toleransi kesalahan margin of error sekitar -+ 3,3% pada tingkat kepercayaan 95 persen. Dengan melakukan pengumpulan data secara direct interview.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya