Elite PD Heran Amien Rais Siap Dukung Prabowo Lagi Jika Anies Gagal Nyapres

Amien Rais bersama Anies Baswedan saat Rakernas Partai Ummat.
Sumber :
  • Twitter Amien Rais Official @realAmienRais

VIVA Politik - Pernyataan Ketua Majelis Syuro Partai Ummat Amien Rais yang siap dukung Prabowo Subianto lagi jika Anies Baswedan batal jadi capres 2024 menuai perdebatan. Dari poros pendukung Anies, Pernyataan Amien dinilai kurang pas.

Elite PAN soal PKB-Nasdem Gabung Prabowo: Ini Masih Perubahan atau Keberlanjutan? 

Elite Partai Demokrat (PD) yang disuarakan Deputi DPP Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Kamhar Lakumani heran dengan ucapan Amien Rais. Dia menyinggung saat ini, PD bersama PKS dan Nasdem tengan berikhtiar merajut Koalisi Perubahan untuk Persatuan demi mengawal Anies sebagai capres 2024.

Dia menekankan tiga parpol tersebut juga sudah menandatagani piagam kerjasama dalam koalisi yang siap mengusung pencapresan Anies.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

"Sekaligus menegaskan telah memenuhi bahkan melewati ambang batas pencapresan. Pernyataan Partai Ummat ini terasa kurang pas. Meskipun demikian kami tetap menghormati independensi Partai Ummat dalam menyampaikan sikapnya," kata Kamhar, dalam keterangannya, Senin, 17 April 2023.

Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani

Photo :
  • Instagram @kamharlakumani
MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

Kamhar yakin pernyataan Amien tak akan mempengaruhi soliditas, semangat dan moral partai yang tergabung di Koalisi Perubahan. Begitu juga tak mempengaruhi Anies untuk terus mengikhtiarkan kemenangan untuk mewujudkan perubahan serta perbaikan. "Tak ada tempat untuk keragu-raguan," ujar Kamhar.

Pun, dia yakin Koalisi Perubahan bersama Anies akan berlayar. Maka itu, ia mengajak seluruh elemen bangsa melakukan kontrol demokrasi, jangan sampai ada politisasi hukum. 

Dia menyinggung jangan sampai hukum dijadikan alat penguasa untuk menjegal lawan memuluskan kawan. 

"Mengutip pernyataan yang sering disampaikan Mas Ketum AHY ‘Jangan sampai hukum hanya tajam ke lawan namun tumpul ke kawan’. Ini kontra demokrasi, mesti kita lawan," jelas Kamhar.

Sebelumnya, Amien Rais melontarkan pernyataan mengejutka terkait sikap politiknya di 2024. Politikus kawakan itu mengaku akan kembali mendukung Prabowo di Pilpres 2024 jika Anies Baswedan gagal jadi capres.

Amien bilang dirinya dan Partai Ummat siap dukung Prabowo. Tapi, itu akan dilakukan jika Anies batal jadi capres lantaran tak dapat tiket dari parpol atau faktor lainnya.

Pun, jika di 2024 nanti Prabowo head to head melawan Ganjar Pranowo, maka ia mengaku tak sulit menentukan pilihan. Dia tentu akan pilih Prabowo karena punya kedekatan emosional di Pilpres 2014 dan 2019.

"Kalau tinggal Pak Prabowo dan Pak Ganjar, otomatis kita dukung Pak Prabowo. Sudah tahulah kelemahan dan kelebihannya," kata Amien di podcast YouTube Akbar Faizal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya