Cerita Panda Nababan soal Prabowo Sindir Tukang Andong, Dibalas Aksi Menohok Jokowi

Politikus senior PDIP Panda Nababan.
Sumber :
  • YouTube Indonesia Lawyers Club.

VIVA Politik - Politikus senior PDI Perjuangan (PDIP), Panda Nababan menguak momen rivalitas Presiden Joko Widodo sebelum memenangi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014. Saat itu, Jokowi sempat disindir 'tukang andong' oleh rivalnya yang saat ini Ketua Umum Prabowo Subianto.

Gowes Sepeda Kayu di Bundaran HI, Jokowi Jadi Buruan Swafoto Pengunjung CFD

Panda menyampaikan cerita itu saat wawancara dengan artis sekaligus kader Partai Amanat Nasional (PAN), Uya Kuya dalam podcast YouTube-nya, Uya Kuya TV. Wawancara ini pun viral dan disebar ulang di media sosial TikTok, salah satunya oleh akun @wahana_creator

Awalnya Panda bercerita Prabowo saat itu sempat bertemu dengan Luhut Binsar Panjaitan di salah satu restoran Jepang di Grand Hyatt, Jakarta.

Cerita Zulhas Sempat Tolak Gibran Jadi Cawapres Prabowo, Maunya Erick Thohir

"Baru mau duduk, mau ambil kursi, Prabowo ngomong 'bang ngapain abang bantu tukang andong itu'. Abang bantu, mana pantes tukang andong jadi presiden. Dateng Luhut 'jangan sembarang kau ngomong. Lebih jago itu dari kau'. Katanya. 'haduh bang liatlah, gak mungkinlah tukang andong bisa jadi ini. Nah, saya gak tahu apa yang terjadi setelah itu," kata Panda seperti dikutip, Senin 24 April 2023.

Jokowi-Jusuf Kalla Naik Andong ke Istana Merdeka

Photo :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
Kala Prabowo Kenang Masa Digembleng Senior di TNI, Begini Kisahnya

Baca Juga: Megawati Pilih Ganjar, Pakar: Proposal Pencapresan Prabowo Ditolak Keras PDIP

Panda lantas mengaku kemudian dia datang bertemu Jokowi. Saat itu, Jokowi masih tinggal di rumah dinas Gubernur DKI Jakarta di Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat. 

Lalu, dia berkata kalau Luhut bertemu dengan Prabowo di restoran Jepang. Panda lantas kaget dengan jawaban Jokowi.

"Oh sudah. Sudah saya suruh kirim," ujar Panda menirukan omongan Jokowi saat itu.

Panda yang heran pun bertanya ke Jokowi. Lantas, Jokowi menjawab yang dikirim andong. Padahal, dia belum bercerita soal andong itu ke Jokowi. Namun, ia menduga Luhut yang sudah cerita langsung ke Jokowi.

"Andong yang suka dipakai kirak budaya," kata Panda menirukan omongan Jokowi lagi.

Dia menambahkan, ketika itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI belum umumkan siapa sosok terpilih jadi Presiden RI periode 2014-2019. Kata dia, Jokowi disebut sudah menyiapkan skenario naik andong jika menang Pilpres 2014

Pun, akhirnya Jokowi yang berduet dengan Jusuf Kalla saat itu menang dari rivalnya Prabowo serta pasangannya Hatta Rajasa. 

Lantas, saat iring-iringan merayakan kemenangan sebagai RI-1, Jokowi sempat berhenti di Bundaran Hotel Indonesia. Dari situ, dia naik andong.

Sejatinya Jokowi sudah ditunggu Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Negara yang menyiapkan acara pisah sambut presiden lama dengan baru. Namun, Jokowi seperti malah sengaja berputar di kawasan Monumen Nasional atau Monas sampai kurang lebih tiga jam lamanya dengan harapan Prabowo lihat televisi ada andong yang ditumpanginya.

"Jadi, selama tiga jam itu, Prabowo ada di mana apa di Kertanegara apa di mana dia lagi ini. Eh, naik andong," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya