PPP Pede Bakal Ada Parpol Parlemen Lain yang Gabung Dukung Ganjar Jadi Capres

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri berswafoto dengan Plt Ketua Umum PPP Mardiono, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Sekjen PPP Arwani Thomafi usai melakukan pertemuan di kantor pusat PDIP, Jakarta, Minggu, 30 April 2023.
Sumber :
  • ANTARA/Galih Pradipta

VIVA Politik – Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menyebut kemungkinan bakal ada partai politik lain yang akan ikut mendukung Ganjar Pranowo maju dalam kontestasi Pemilu 2024. Partai politik yang kemungkinan mendukung Ganjar berasal dari parlemen maupun non parlemen.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

"Insya Allah masih akan bertambah lagi parpol parlemen dan non parlemen yang akan bergabung," ujar Ketua Majelis Pertimbangan DPP PPP, Romahurmuziy alias Rommy dalam keterangannya, Minggu, 28 Mei 2023.

Dia juga mengatakan sosok cawapres Ganjar Pranowo harus bisa diterima di seluruh partai politik. Untuk itu, pihaknya akan membahas cawapres Ganjar pada bulan Juli mendatang.

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

"Bakal cawapres haruslah pribadi yang bisa diterima seluruh parpol. Insya Allah sesuai penyampaian Plt Ketum PPP, pak Mardiono, selambat-lambatnya bulan Juli cawapres mas Ganjar akan dibahas bersama," katanya. 

Ketua Majelis Pertimbangan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy alias Romy (kedua kiri).

Photo :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir
Jubir Anies Sebut Pembubaran Timnas Amin Tak Jadi Digelar Hari Ini, Lalu Kapan?

Pun, Rommy menyampaikan setelah pembahasan cawapres Ganjar dilakukan, PPP akan mengajukan nama untuk dibahas dalam kerja sama politik dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

"Hal-hal di atas menjadi bagian dari pertimbangan PPP untuk pada saatnya mengajukan nama, untuk dibahas dalam sebuah kerja sama politik dengan jumlah parpol yang insya allah lebih banyak dari PDIP-PPP semata hari ini," ujarnya.

Sebelumnya, elite DPP PPP yang dipimpin Mardiono menemui Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri pada Minggu, 30 April 2023. 

Kedatangan Mardiono Cs untuk menginformasikan hasil Rapimnas PPP yang menyatakan dukungan terhadap Ganjar sebagai bakal capres PDIP. 

Pun, Mardiono menjelaskan hasil Rapimnas PPP yang menyatakan dukungan terhadap Ganjar sebagai titik awal kerja sama PPP dengan PDIP.

"Landasan kerja sama antara PPP dan PDIP adalah kerja sama politik presidensial," kata Mardiono di kantor DPP PDIP, Minggu, 30 April 2023.

PDIP dan PPP merupakan parpol parlemen yang sudah deklarasikan dukungan terhadap Ganjar sebagai bakal capres 2024. Selain itu, ada dua parpol non parlemen yang juga dukung Ganjar seperti PSI dan Hanura.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya