Desak Nama Cawapres Segera Diumumkan, Demokrat: Anies Ibarat Konduktor Orkestra

Bakal capres Anies Baswedan.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Partai Demokrat menilai Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) akan semakin solid dan kuat, sehingga sulit digoyahkan. Kesolidan itu makin kuat jika Anies Baswedan selaku bakal capres segera mengumumkan cawapres pendampingnya.

Bawaslu Minta Semua Pihak Bantu Awasi Pilkada Serentak 2024

Menurut Deputi Balitbang DPP Partai Demokrat, Syahrial Nasution, sebagai pemimpin koalisi, Anies sekaligus akan mampu membangun orkestrasi yang harmoni antara parpol koalisi Demokrat, PKS dan Nasdem dengan rakyat serta relawan.

“Anies Baswedan ibarat konduktor orkestra untuk hadapi status quo,” kata Syahrial kepada awak media, Jumat, 9 Juni 2023.

Sandiaga Bilang Anies Diuntungkan di Pilgub Jakarta, Ini Alasannya

Ketum

Photo :
  • 1476728

Baca Juga: Alasan Krusial AHY soal Demokrat Desak Cawapres Anies Segera Diumumkan

Banjir Ucapan Ultah, Jokowi: Terima Kasih, Kehangatan dan Dukungan Sangat Berarti

Syahrial menyadari, koalisinya yang mengusung ide perubahan, berseberangan dengan status quo yang memaksakan idenya kepada capres hasil cawe-cawe penguasa. Menurut dia, kondisi itu sudah pasti akan terus mendapatkan tekanan dan upaya pecah belah.

Maka itu, ia mendorong mandat yang sudah diberikan koalisi perubahan kepada Anies sebagai bacapres agar diberdayakan maksimal untuk saling menguatkan dan saling melindungi.

“Supaya rakyat dan relawan juga terlibat bergandengan tangan bersama-sama menghadapi tekanan-tekanan tersebut,” ujarnya.

Syahrial menyampaikan, tekanan politik dan hukum yang dihadapai Nasdem, Demokrat dan PKS akan jadi lebih siap serta ringan dihadapi setelah paket capres dan cawapres KPP diumumkan. Karena, klaim dia, hal itu akan dihadapi bersama-sama serta melibatkan rakyat yang lebih luas.

Menurut dia, saat ini penentuan dan pengumuman cawapres ada di tangan Anies. Eks Gubernur DKI itu diminta jadi dirigen.

“Saat ini, bola ada pada Mas Anies. Dan kami sangat yakin beliau akan mampu menjadi dirigen atau konduktor yang menciptakan nada-nada harmoni. Tidak hanya terhadap KPP juga keharmonisan bersama rakyat dan relawan,” ujarnya.

KPP tengah jadi perhatian karena sejumlah elitenya terutama dari Nasdem mengklaim satu nama cawapres untuk Anies sudah disepakati. Deadline deklarasi paling lama pada Juli 2023.

Namun, dari Demokrat rupanya ingin deklarasi pasangan capres-cawapres agar dilakukan lebih cepat. Salah satunya karena dugaan penjegalan terhadap Anies dan KPP.

Belum lagi masa durasi kampanye hanya 75 hari yang dinilai tak ideal untuk sosialisasikan kepada masyarakat calon pemilih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya