Rayakan Bulan Bung Karno, PDIP Bakal Gelar Konsolidasi Akbar di GBK 24 Juni

PDIP kumpulkan pengurus DPC di Lenteng Agung. (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • PDIP

Jakarta - PDI Perjuangan (PDIP) berencana menggelar konsolidasi akbar pada 24 Juni 2023, di Gelora Bung Karno (GBK). Kegiatan tersebut diinisiasi PDIP sebagai puncak peringatan Bulan Bung Karno.

Elite PDIP Harap Prabowo Jalankan Ajaran Bung Karno Wujudkan Trisakti

Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Hasto Kristiyanto menyampaikan kegiatan di GBK pada 24 Juni merupakan acara yang terbesar kedua setelah sebelumnya 14 Februari 1999. Momen 24 tahun lalu itu dilakukan dalam puncak konsolidasi ketika memperkenalkan logo PDIP banteng bulat bersatu.

"Maka pada puncak peringatan Bulan Bung Karno semua harus mampu menunjukan ketertiban sebagai satu rampak barisan," kata Hasto di Jakarta, Rabu, 21 Juni 2023.  

Ketua MPR: Tidak Ada Celah untuk Menunda atau Membatalkan Pelantikan Prabowo-Gibran

Hasto mengatakan, dalam Bulan Bung Karno tahun ini mempunyai tema besar Kepalkan Tangan Persatuan untuk Indonesia Raya. Menurut dia, dalam ihwal pagelaran akbar ini, Megawati menitipkan dua pesan khusus yang harus diperhatikan kader PDIP.

"Yang pertama kader PDI Perjuangan menjaga kedisiplinan. Yang kedua Partai memelopori waste management, sehingga menjaga kebersihan selama acara merupakan hal yang penting,” jelas Hasto.

Loyalis Jokowi Respons Elite PDIP soal Abuse Of Power: Berlebihan

Sementara, Ketua Panitia Bulan Bung Karno, Rano Karno menambahkan acara 24 Juni sebagai konsolidasi yang sangat besar. Diprediksi akan dihadiri hampir melebihi 100 ribu orang. Jumlah itu melebihi kapasitas GBK yang tercatat 78 ribu.

"Jadi, sangat luar biasa kegiatan ini akan dihadiri seluruh peserta dari seluruh Indonesia yang diasumsikan mencapai 100 ribu orang," kata Rano.

Sebagai gambaran kegiatan ini sangat besar, lanjut Rano, karena akan dihadiri 7.000 satgas dari seluruh Indonesia. Mereka akan tampil di lapangan utama dan melontarkan yel-yel yang penuh semangat.

"Khusus di lapangan, akan ada 5.000 satgas ditambah dengan marching band 500 orang kemudian tarian Nusantara 200 orang, ditambah dengan paskibra 60 orang, dan diakhiri dengan Tari Janger sebanyak 3.000 orang perempuan," jelas eks Gubernur Banten tersebut.

Foto ilustrasi persiapan Rakernas PDIP

Photo :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

Dia menekankan tujuan utama kegiatan untuk melakukan konsolidasi jelang Pemilu 2024. Ia mengingat pesan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri yang mengatakan kegiatan untuk melakukan konsolidasi.

Rano menepis kegiatan itu bukan pesta. Meski nanti ada rangkaian hiburan yang jadi pelengkap kegiatan pada 24 Juni.

"Kegiatan pada 24 Juni mendatang adalah konsolidasi nasional yang isinya sejumlah agenda yang menggambarkan PDI Perjuangan sebagai partai yang solid, kuat, dan berkeprikemanusiaan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya