Tim 8 Siap Bila Anies Baswedan Umumkan Cawapres Sepulangnya Berhaji

Sudirman Said (Kanan).
Sumber :
  • Syaefullah/VIVA.co.id

Jakarta – Tim 8 Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), mendapatkan 3 arahan penting dari bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan. Arahan itu disampaikan Anies jelang keberangkatannya menuju Makkah untuk ibadah Haji.

Isu Duet Anies-Ahok di Pilkada DKI, Ganjar: Daftar Dulu Aja

"Jadi, kemarin Pak Anies mengundang Tim 8 rapat, sebenarnya setiap Selasa memang ada pertemuan tapi karena Pak Anies dalam proses persiapan menunaikan ibadah haji, maka diundang Tim 8 dan memberikan beberapa arahan," kata anggota Tim 8 KPP, Sudirman Said kepada wartawan, Rabu, 21 Juni 2023.

Sudirman memaparkan, arahan pertama yaitu pembahasan calon wakil presiden (cawapres) dinilai telah rampung. Kata dia, tim 8 sudah menampung seluruh aspirasi dan usulan nama cawapres untuk mendampingi Anies Baswedan maju pada Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024. 

Anies Beri Tanggapan Begini atas Pernyataan Luhut Minta Prabowo Tak Bawa Orang 'Toxic'

"Itu sudah final, sekarang tiba gilirannya Pak Anies untuk mencari waktu terbaik untuk memutuskan dan pada akhirnya menjelaskan kepada publik. Kita memberikan kesempatan kepada pak capres untuk beribadah dengan tenang dan siapa tahu setelah kembali beliau segera mengumumkan pilihannya," jelas mantan Menteri ESDM itu. 

Anies juga meminta, agar Tim 8 KPP segera menyiapkan langkah teknis dan strategis untuk menghadapi Pilpres 2024. Meskipun, pendaftaran dibuka Oktober 2023, langkah teknis harus segera disiapkan mulai dari sekarang.

Didatangi Warga Diminta Maju Lagi di Pilgub DKI, Anies Jawab "Izinkan Berpikir Sejenak"

"Walaupun pendaftaran masih bulan Oktober, tapi persyaratan administrasi perlu disiapkan, misalnya seperti piagam atau dokumen kerjasama antarpartai kan belum siap. Nanti kan harus berubah menjadi dokumen yang disyaratkan KPU, itu perlu waktu," sambungnya.

Sudirman melanjutkan, Tim 8 KPP juga diminta untuk bersiap jika sepulangnya Anies dari ibadah haji langsung mengumumkan nama cawapres.

"Siapa tahu, setelah dari haji, Pak Anies punya pikiran gitu yang akhirnya muncul hari untuk pengumuman, itu juga dipersiapkan. Walaupun tanggalnya belum diputuskan, tapi sejak sekarang sudah harus dipersiapkan," tutur Sudirman. 

Arahan ketiga yang diminta Anies, ialah agar Tim 8 KPP segera mengusulkan struktur dan personal tim ke depan. Sudirman mengatakan KPP tetap solid sampai saat ini meskipun banyak tantangan dan godaan dalam menyiapkan Anies Baswedan maju pada Pilpres 2024. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya