Cinta Mega Tak Bisa Langsung Dipecat, Nasibnya Masih Tunggu Keputusan Megawati

Anggota Komisi C DPRD DKI Fraksi PDIP, Cinta Mega
Sumber :
  • Laman resmi DPRD Provinsi DKI Jakarta

Jakarta - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) PDIP DKI Jakarta resmi memecat Cinta Mega usai kepergok bermain game yang diduga slot pada rapat paripurna DPRD DKI pada Kamis, 20 Juli 2023 lalu. Cinta Mega bakal dipecat dari DPRD DKI melalui mekanisme Pergantian Antar Waktu (PAW) yang berati dengan mekanisme itu, posisi Cinta Mega akan digantikan oleh kader PDIP lain.

Alarm Bahaya kalau PDIP Takluk dan Pemerintahan Prabowo Tanpa Oposisi, Kata Pengamat

Namun, pemecatan Cinta Mega itu harus menunggu persetujuan dari Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Adapun ketua DPD PDIP DKI Jakarta, Ady Wijaya mengatakan pihaknya menggelar rapat pleno untuk memberikan sanksi pemecatan kepada Cinta Mega pada Selasa, 25 Juli 2023 lalu.

Tanggapi Ide Prabowo Bentuk 'Presidential Club', Hasto Bilang PDIP Punya Tradisi 'Klub Kerakyatan'

Hasilnya, DPD PDIP akan mengirimkan surat dan diteruskan kepada DPP Partai PDIP untuk mendapatkan persetujuan.

"Tadi kita rapat pleno karena segala sesuatu keputusan kita biasa melalui rapat pleno ini. Selesai rapat pleno kita memberikan sanksi berupa PAW," kata Ady kepada wartawan di Jakarta, dikutip Rabu, 26 Juli 2023.

Pengamat Ingatkan Prabowo Bahaya Politik Merangkul yang Kebablasan

"Nanti kita akan kirimkan surat PAW tersebut kepada DPP Partai," sambungnya.

Anggota Komisi C DPRD DKI Fraksi PDIP, Cinta Mega

Photo :
  • Laman resmi DPRD Provinsi DKI Jakarta

Nantinya, jika pemecatan Cinta Mega telah disetujui, DPP PDIP akan berkirim surat kepada Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD). Surat tersebut juga akan ditandatangani oleh Megawati dan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto.

Adapun isi surat yang akan dikirim ke KPUD berupa permintaan agar posisi Cinta Mega di DPRD DKI dapat digantikan oleh kader PDIP yang lain.

"Karena memang DPP partai lah yang mengirim surat ke KPUD?" pungkasnya.

Cinta Mega juga direkomendasikan dipecat dari kader PDIP. Ady mengatakan hal tersebut juga akan menjadi keputusan DPP partai. "Nanti biar DPP partai yang memutuskan," ucap dia.

Sebelumnya diberitakan, Cinta Mega akhirnya meminta maaf kepada semua pihak, terutama kepada Fraksi PDI Perjuangan usai diduga kepergok main game slot saat rapat paripurna, yang digelar di Gedung DPRD DKI Jakarta, pada Kamis, 20 Juli 2023.

"Ya, saya meminta maaf kepada semua pihak, terutama fraksi saya atas kejadian tersebut," ujar Cinta Mega saat dihubungi, Jumat, 21 Juli 2023.

Cinta Mega juga mengaku akan siap menerima segala konsekuensi atas tindakannya tersebut. Termasuk, diberi sanksi keras dari internal fraksi PDI Perjuangan maupun pihak DPRD DKI Jakarta. 

"Saya menerima konsekuensi berupa sanksi apapun," ucap Cinta Mega.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya