Pengamat Yakin Airlangga Bisa Gaet Pemilih Gen Z di Pemilu 2024: Buat Program yang Konkret

Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Pengamat Politik Indonesia Public Institute (IPI) Karyono Wibowo mengatakan bahwa Partai Golkar selama masih dipimpin oleh Airlangga Hartarto masih bisa menggaet pemilih generasi Z atau kaum milenial di Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 nanti. Asalkan, Airlangga bisa membuat program yang diminati dan konkret untuk kaum milenial.

Sudaryono Mulai Merangkak ke Posisi Atas Survei Pilgub Jateng

"Iya, kalau pak Airlangga sebagai ketua umum mendorong kader-kadernya untuk menggalang pemilih milenial atau gen Z, saya kira kuncinya adalah bagaimana Golkar itu membuat suatu strategi yang diwujudkan dalam berbagai program yang untuk membidik kalangan gen Z. Programnya harus konkrit," ujar Karyono saat dikonfirmasi, Jumat, 11 Agustus 2023.

Karyono menjelaskan, saat ini generasi Z tengah tertarik dalam dunia industri. Generasi Z punya ketertarikan dalam bidang start up dan koneksi internet.

Maju Pilkada, Sekda Depok Supian Suri Izin ke Wali Kota, Akan Ajukan Cuti

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto

Photo :
  • Kemenko Perekonomian

"Gen z misalkan tertarik untuk mengembangkan industri start up karena makin banyak ini gen Z yang masuk dunia bisnis, menurut saya luar biasa yang anak muda dengan perkembangan teknologi informasi itu mereka menumbuhkan semangat gen Z untuk mengembangkan sejumlah berbagai bisnis," beber Karyono.

Respons Ketua KPU Usai Disanksi DKPP Gegara Kebocoran Data Pemilih

Terlebih, kata Karyono, Airlangga Hartarto yang menjabat sebagai Menteri Perekonomian Republik Indonesia punya keunggulan dalam menciptakan hal tersebut. Hal itu bukan lagi suatu kebiasaan yang tidak bisa dicapai oleh Partai Golkar.

"Program-program yang diminati gen Z, pak Airlangga itu Menko Ekonomi itu kan bisa menggerak lebih ideal, misal menggerakkan melalui kebijakan," ucap dia.

Karyono juga turut menyebut nama Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Dito Ariotedjo. Dito memang saat ini masuk dalam Menteri Kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang paling muda.

Maka dari itu, Dito bisa menjadi salah satu pendongkrak kaum milenial melihat Golkar punya kader muda dan berbakat. Asalkan, kata Karyono, Dito bisa menciptakan terobosan baru sesuai dengan minat kawula muda.

"Pun Menpora dia harus punya terobosan program yang bisa merangkul gen Z jadi nanti kan baru dia akan melihat figurnya dimana mereka dari partai Golkar," ucap dia.

"Nah itu Golkar harus membuat suatu strategi yang harus diperbaiki suatu strategi yang bisa mempersuasi yang bisa mencari daya tarik bagi generasi Z untuk memilih partai golkar," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya