Hasil Survei Jadi Dasar KIB Bubar dan Golkar-PAN Dukung Prabowo, Kata Zulkifli Hasan

Zulkifli Hasan Pimpin Langsung Pendaftaran Bacaleg PAN ke KPU
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Jakarta – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengonfirmasi bahwa Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang dibentuknya bersama dengan Partai Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) telah bubar.

Sandiaga soal Peluang Gabung Prabowo-Gibran: Sesuai Namanya Partai Persatuan

Bubarnya koalisi ketiga partai tersebut diumumkan setelah PAN dan Golkar mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden, sementara PPP mendukung anggota Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo dalam pemilu 2024.

"(KIB) sudah tidak ada, sekarang gabung pakai nama baru kan? Dengan koalisi-nya PAN dan Golkar," kata Zulhas, sapaan karib Zulkifli Hasan, ketika ditemui di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 14 Agustus 2023.

Golkar Harus Cari Habibie Baru bila Ingin Menang Absolut pada Pemilu 2029, Menurut Pengamat

Golkar dan PAN saat deklarasi dukung bacapres Prabowo Subianto.

Photo :
  • Dok. Golkar

PAN dan Golkar merapat ke Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya yang dibentuk Gerindra dan PKB.

Alarm Bahaya kalau PDIP Takluk dan Pemerintahan Prabowo Tanpa Oposisi, Kata Pengamat

Menurut Zulhas, dia dan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto telah berdiskusi panjang sebelum memutuskan untuk mendukung Prabowo. "Kita kan KIB, KIB diskusi panjang sama Pak Airlangga, setelah melihat perkembangan survei-survei akhirnya KIB memutuskan bergabung dengan Pak Prabowo," ujarnya.

Namun, meskipun menyatakan telah bubar, dia menegaskan bahwa ketiga partai bekas KIB masih tetap menjalin komunikasi. Masing-masing ketua umum maupun petinggi ketiga partai tersebut masih intens berkomunikasi. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya