Digadang-gadang Gibran Jadi Bacawapres Prabowo, Zulhas: Siapa Pun Berhak

Bacapres Prabowo Subianto dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.
Sumber :
  • istimewa

Medan – Nama Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka terus digadang-gadang jadi Bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres), yang akan menemani Prabowo Subianto di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Prabowo Bentuk Tim Gugus Tugas Sinkronisasi, Pengamat Bilang Begini

Menyikapi hal itu, Ketua Umum (Ketum) PAN, Zulkifli Hasan mengungkapkan siapa saja berhak menjadi Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden. Termasuk, anak pertama Presiden RI, Joko Widodo itu.

"Saya kira siapa pun berhak menjadi presiden dan wakil presiden ya," ucap Zulhas kepada wartawan, usai menghadiri Konsolidasi PAN Provinsi Sumut menuju Pemilu 2024 di Le Polonia Hotel, di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Medan, Jumat 18 Agustus 2023. 

Bertemu Presiden Ukraina Zelensky, Prabowo Singgung Krisis Kemanusiaan di Gaza

Di sisi lain, Pasca Golkar dan PAN bergabung dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR), dengan mendukung Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto di Pilpres 2024. Untuk Bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres) Prabowo masih terus dibicarakan secara internal KKIR.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mendukung Prabowo Subianto untuk Pilpres 2024

Photo :
  • Dok. Istimewa
Prabowo: Indonesia Siap Kirim Pasukan Perdamaian ke Gaza

Zulkifli Hasan mengungkapkan masing-masing partai politik, bergabung KKIR mengajukan Bacawapres untuk menemani Prabowo di Pilpres 2024. Seperti Golkar mengajukan Airlangga Hartarto, PKB yang mengusung Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. 

Sedangkan, PAN. Zulkifli Hasan mengatakan pihaknya mengusung Menteri BUMN, Erick Thohir. Ketiga nama tersebut, terus digodok di internal KKIR.

"Golkar kan mengusung Pak Airlangga. PKB Cak Imin, kalau PAN usul pak Erick Thohir," ujar Zulkifli Hasan.

Zulkifli Hasan mengatakan, pihaknya selanjutnya akan bicara dengan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, karena Cak Imin lebih dulu digadang-gadang menjadi Cawapres Prabowo Subianto. 

"Nanti kita bicara, karena Cak Imin duluan. Nanti kita berembuk dengan Cak Imin bagaimana baiknya," sebut Zulkifli Hasan.

Menteri Perdagangan itu, mengungkapkan meski ketiga Parpol ini masing-masing mengajukan Bacawapres. Tapi, akan diputuskan yang mana terbaik untuk menemani Menteri Pertahanan itu di Pilpres 2024.

"Saya kira pada waktunya akan ada kesepakatan," tutur Zulkifli Hasan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya