Anies dan Tim Delapan Sempat Bertemu di Pacitan, Ini Agenda Krusial yang Dibahas

Anies Baswedan saat Acara Apel Siaga Perubahan Partai NasDem
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Pacitan - Bakal calon presiden atau bacapres Anies Baswedan ternyata sempat bertemu dengan Tim Delapan Koalisi Perubahan dan Persatuan di Pacitan, Jawa Timur. Pertemuan itu dilakukan di sela persiapan peresmian Monumen dan Galeri SBY ANI di Pacitan, Kamis kemarin.

Duet Anies-Ahok di Pilgub DKI Dipastikan Tak Bisa Terjadi, KPU Ungkap Alasannya

Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra membenarkan pertemuan antara Anies dengan Tim Delapan.

"Kami tidak menampik itu. Ada pertemuan dan diskusi. Dan ternyata mas Anies berkenan untuk hadir," kata Herzaky Mahendra Putra saat dikonfirmasi dikutip dari Antara, Jumat, 18 Agustus 2023.

Prabowo: Gus Dur Dukung Saya dari Langit

Dia mengatakan agenda pertemuan itu di luar konteks peresmian museum SBY ANI. Inisiatif muncul secara spontan karena anggota Tim Delapan dan Anies ikut terundang dalam kegiatan peresmian museum dan bertemu di Pacitan.

Anies Baswedan di Lebak Bulus, Jakarta Selatan pada Selasa 1 Agustus 2023

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana
Blak-blakan! Prabowo: Pak Jokowi Suruh Semua Menteri Kasih Data ke Saya

Pun, kesempatan itu lalu dimanfaatkan untuk melakukan pertemuan kecil dan diskusi. Pembahasan krusial itu menyangkut rencana dan momentum yang tepat untuk mengumumkan bakal cawapres Anies yang awalnya diusulkan PKS pada 17 Agustus, bersamaan dengan peringatan Hari Kemerdekaan RI.

Namun. menurut dia, dengan pertimbangan tertentu, koalisi sepakat mengundur jadwal pengumuman itu dengan pertimbangan taktis politis.

Lebih lanjut, Herzaky menuturkan agenda Anies sebelumnya cukup padat. Namun, dalam momen itu ternyata jadwalnya masih memungkinkan untuk diatur pertemuan. "Karena habis berkegiatan kalau nggak salah di Yogja kemarin," ujarnya.

Herzaky paham publik tak sabar menunggu deklarasi figur cawapres yang disepakati koalisi Nasdem, Partai Demokrat, dan PKS.

Dia bilang hal itu hanya soal waktu dan sepenuhnya akan ditentukan Anies. Dia pun enggan berspekulasi soal kepastian hari dan tanggalnya.

"Kami bertiga, ada Demokrat, Nasdem, dan PKS, sehingga sudah semakin mengerucut, petanya sudah semakin jelas, kejutan apa lagi yang diharapkan. Tinggal bagaimana kita konsolidasi internal," ujar Herzaky.

Lantas, terkait siapa yang dipilih jadi bacawapres Anies, Herzaky memastikan sudah ada kesepakatan dan kesepahaman bersama. Kata dia, pilihannya sudah mengerucut satu nama.

Namun, ia menyebut soal pengumuman dan kapan waktu deklarasi, itu jadi domain Anies selaku bacapres yang diusung koalisi Partai Demokrat, Nasdem dan PKS.

Ia memberi isyarat pengumuman bacawapres kemungkinan waktunya tidak lama lagi. "Kami juga sudah bersepakat yang pasti kami menunggu dari Mas Anies, di Jakarta," katanya. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya