Manuver Politik Nasdem, Surya Paloh Dinilai Sengaja Ingin 'Mengubur' Anies

Surya Paloh saat Acara Apel Siaga Perubahan Partai NasDem
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul M. Jamiluddin Ritonga, turut mengomentari dinamika politik yang terjadi di dalam koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) setelah beredar informasi Anies Baswedan setuju PKB bergabung dan memilih Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sebagai Cawapres. Langkah tersebut, menurut Jamiluddin sangat barbar.

Pengamat: Duet Anies-Ahok di Pilgub Jakarta Eksperimen yang Berani

Dia menilai, Ketua Umum NasDem Surya Paloh seakan-akan sengaja ingin mengubur Anies dengan cara menduetkannya dengan Cak Imin. Sebab, elektabilitas Cak Imin dinilai tidak begitu bagus, terlebih jika dibandingkan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono yang merupakan sosok potensial untuk dijadikan Cawapres.

"Surya Paloh juga sudah ‘mengubur’ Anies dengan menduetkannya bersama cak Imin. Sebab, cak Imin sosok yang tidak laku dijual," kata Jamiluddin dalam keterangan yang diterima Jumat 1 September 2023.

Pesan Ahok ke Gubernur Jakarta: Nomor Hp Kasih Tahu ke Warga Supaya Semua Bisa Ngadu

Anies Baswedan dan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh di Apel Siaga Perubahan

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jamiluddin menilai Cak Imin tak mampu mendongkrak elektabilitas Anies Baswedan. "Hal itu terlihat dari elektabilitas cak Imin yang sangat rendah. Padahal berbagai kemasan sudah dibuat namun elektabilitasnya tetap tidak terdongkrak. Ini artinya, elektabilitas cak Imin memang sudah sulit untuk dikerek," ujar Jamiluddin.

Isu Duet Anies-Ahok di Pilkada DKI, Ganjar: Daftar Dulu Aja

Menurut Jamiluddin, Prabowo Subianto yang sejak awal bersedia bekerja sama dengan PKB saja, belum berani mengumumkan Cak Imin sebagai Cawapres. Prabowo terus mengulur waktu dan belum mengumumkan siapa sosok yang akan mendampinginya di Pilpres 2024.

"Tampaknya hal itu yang membuat Prabowo terus mengulur waktu untuk mendeklarasikan cak Imin sebagai cawapresnya. Prabowo tak yakin cak Imin dapat membantunya untuk meningkatkan elektoral," kata Jamiluddin.

Jadi, lanjutnya, kalau Prabowo saja tak menginginkan cak Imin menjadi cawapresnya, tentu ironis bila Nasdem justru memilihnya. "Pilihan Nasdem itu tentu sudah mengubur mimpi Anies untuk menang," ujar Jamiluddin

"Anies dipaksa berpasangan dengan cak Imin hanya untuk kalah dalam kontestasi Pilpres 2024. Ini tentu Ironi buat Anies, yang konon digadang-gadang sebagai simbol perubahan," tambahnya

Sebelumnya diberitakan, Partai Demokrat membeberkan kabar Anies setuju memilih Cak Imin jadi bakal cawapres pendampingnya di 2024. Anies disebut juga setuju terhadap kerja sama politik antara Nasdem dengan PKB.

Sekretaris Jenderal DPP Demokrat Teuku Riefky Harsya mengaku kabar Anies setuju kerja sama dengan PKB serta Cak Imin jadi cawapres dari Anggota Tim Delapan KPP, Sudirman Said. Status Sudirman juga merupakan jubir Anies.

"Kemarin, 30 Agustus 2023, kami mendapatkan informasi dari Sudirman Said, mewakili capres Anies Baswedan, bahwa Anies telah menyetujui kerja sama politik Partai Nasdem dan PKB, untuk mengusung pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar," ujar Sekjen Demokrat Teuku Riefky Harsya dalam keterangannya resminya, Kamis, 31 Agustus 2023.

Namun, Teuku menyebut keputusan duet Anies dan Cak Imin itu diambil sepihak oleh Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh.

"Persetujuan ini dilakukan secara sepihak atas inisiatif Ketum Nasdem, Surya Paloh," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya