Kaesang Resmi Gabung PSI, Ganjar: Semua Orang Punya Hak Berdemokrasi

Kaesang Pangarep Gabung PSI
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

Jakarta - Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep telah resmi menjadi anggota Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Partai yang dipilih Kaesang itu, menuai sorotan, karena berbeda dengan sang ayah yang berada di Partai PDI Perjuangan. 

Muktamar VIII Digelar, JK Wanti-wanti Dewan Masjid Nasional Jangan Jadi Tempat Pergulatan Politik

Bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo mengatakan, masuknya Kaesang ke PSI merupakan hak seseorang dalam menentukan pilihannya dalam berpolitik. 

"Dalam politik ini semua orang punya hak untuk berdemokrasi, jadi silakan siapapun," ujar Ganjar di FX Sudirman, Jakarta, Minggu, 24 September 2023. 

Mahfud MD Bilang Dirinya Mantan Cawapres Ganjar, Ucapkan Terima Kasih ke Relawan

Bacapres Ganjar Pranowo

Photo :
  • Istimewa

Saat ditanya terkait perbedaan partai antara Kaesang dan Jokowi, Ganjar mengatakan itu adalah hal biasa dalam berpolitik. 

Real Count KPU: PSI Sudah 3 Persen, PPP Sedikit di Bawah Ambang Batas Parlemen

"Ya itulah politik mereka," ucapnya. 

Sebelumnya diberitakan, Kaesang Pangarep, resmi menjadi kader Partai Solidaritas Indonesia atau PSI. Kartu Tanda Anggota atau KTA partai bahkan diserahkan langsung oleh Ketua Umum PSI Giring Ganesha ke Kaesang di Solo, Jawa Tengah.

Tidak hanya Giring yang datang ke Solo, di kediaman pribadi Presiden Jokowi, untuk menyerahkan KTA Kaesang sebagai kader PSI. Tetapi beberapa elite lainnya seperti Raja Juli Antoni hingga Grace Natalie.

"Selamat bergabung di keluarga besar PSI ya Mas @kaesangp (Kaesang Pangarep)," kata Giring, dalam unggahan di akun Instagram miliknya, dikutip VIVA, Sabtu 23 September 2023.

Penyerahan KTA untuk Kaesang, dilakukan di kediaman keluarga Presiden Jokowi, di Jalan Kutai Utara, Sumber, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah. Masuknya Kaesang sebagai kader PSI, sekaligus menjawab beberapa spekulasi sebelumnya terkait arah dukungan politik putra bungsu Presiden RI ke-7 Joko Widodo itu.

"Kita sama-sama berjuang ya Mas untuk Indonesia dan Aku akan berjuang juga melalui Surakarta, Sukoharjo, Klaten, dan Boyolali," tulis Giring melanjutkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya