PSI Mengaku Belum Batalkan Dukungan ke Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

Ilustrasi kader Partai Solidaritas indonesia (PSI)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Jakarta – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengaku belum mencabut atau membatalkan dukungannya terhadap bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Dukungan terhadap Ganjar sebelumnya telah dideklarasikan PSI pada tahun 2022 lalu.

Tanggapi Isu Prabowo Bakal Punya 40 Menteri, Ganjar Ingatkan Buruknya "Politik Akomodasi"

Meski telah didukung, PSI belum juga mengusung Ganjar sebagai bakal capres. Politikus PSI, Dedek Prayudi mengatakan Ganjar tak kunjung diusung lantaran adanya kekakuan komunikasi antara PSI dan PDIP.

"PSI mendeklarasikan dukungannya terhadap Ganjar Pranowo dan sampai sekarang dukungan itu belum pernah dibatalkan," kata Dedek Prayudi seperti dikutip dari tayangan Catatan Demokrasi, Rabu, 27 September 2023.

Didatangi Warga Diminta Maju Lagi di Pilgub DKI, Anies Jawab "Izinkan Berpikir Sejenak"

Bacapres Ganjar Pranowo

Photo :
  • Istimewa

"Partai politik setelah mendukung, harus mengusung, artinya harus ada kenyamanan komunikasi. A long the way, terjadi kekakuan komunikasi antara PSI dan PDIP," ujarnya. 

Kontestasi Tak Hanya Berebut Kursi dan Dibagi-bagi, Alasan Ganjar Tak Mau Gabung Pemerintah

Meski demikian, Dedek menyebutkan, PSI tengah menunggu lebih dulu siapa sosok bakal calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi para kandidat bakal capres sebelum memutuskan dukungan akhir.

Pun, keputusan dukungan secara resmi nantinya akan diumumkan langsung oleh Ketua Umum PSI yang baru, Kaesang Pangarep. "Itu akan diumumkan Mas Kaesang sendiri," ujar Dedek.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya