Sandiaga Uno Memiliki Seluruh Komponen Objektif yang Dibutuhkan Ganjar, Kata Elite PPP

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sandiaga Salahuddin Uno saat menyapa para kader PPP Sumatera Barat di Hotel Kyriad Bumi Minang, Kota Padang, Sabtu, 9 September 2023.
Sumber :
  • VIVA/Andri Mardiansyah

Jakarta - Ketua Majelis Pertimbangan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) M. Romahurmuziy atau Rommy menegaskan Sandiaga Uno sebagai tokoh nasional memiliki seluruh komponen objektif yang dibutuhkan bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo.

Suara PSI Naik, Elite PKS Heran: Kok Tiba-tiba Dua Hari Terakhir Terjadi Pelonjakan

Menurut Rommy, PPP sebagai partai yang dilahirkan Nahdlatul Ulama (NU) menghargai upaya memasangkan tokoh-tokoh NU, seperti Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, sebagai pendamping Ganjar sekaligus sebagai bagian dari ikhtiar memenangi Pilpres 2024.

"Namun, sesuai amanat Rapimnas PPP 17-18 Juni 2023, PPP saat ini masih dalam posisi mendorong Sandiaga Uno sebagai tokoh nasional yang memiliki seluruh komponen objektif yang dibutuhkan Mas Ganjar," kata Rommy kepada ANTARA di Jakarta, Senin, 2 Oktober 2023.

PKS Tunggu Hasil Resmi KPU, Belum Putuskan Jadi Oposisi atau Pro-Pemerintah

Bacapres Ganjar Pranowo di Rakernas PDIP, Jiexpo, Kemayoran, Jakarta.

Photo :
  • YouTube PDIP

Dia menjelaskan Sandiaga adalah pemegang KartaNU yang diserahkan sendiri oleh Said Aqil, ketua umum NU sejak 2010 hingga 2021. Selain itu, menurut Rommy, Sandiaga juga dapat menyeimbangkan geografi Jawa-Luar Jawa dan memiliki latar belakang ekonomi yang dapat menggenapkan latar belakang politik Ganjar Pranowo.

Dukung Rekonsiliasi Pasca Pencoblosan Pemilu 2024, Kodam Brawijaya Bikin Gebrakan Ini

Kemudian, lanjut Rommy, Sandiaga adalah satu-satunya nama bakal calon wakil presiden (cawapres) yang pernah ada di kartu suara. Maka, popularitas Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif itu merata secara nasional dan elektabilitasnya tertinggi sebagai bakal cawapres.

"Fanbase (basis penggemar) Sandi yang spesifik di kalangan milenial dan emak-emak juga menggenapi Mas Ganjar yang unggul di kalangan gen X dan baby boomers," kata Rommy.

Dia mengaku mendengar bahwa nama Mahfud MD dan Khofifah memang beredar sebagai kandidat bakal cawapres, setelah keduanya diterima secara terbatas pada kesempatan terpisah oleh Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kanan) bersama Menko Polhukam Mahfud MD (kiri) di Surabaya, Selasa, 8 Agustus 2023.

Photo :
  • ANTARA

Bahkan, menurut Rommy, Mahfud MD juga sudah bertemu dengan Ketua Umum PPP Mardiono beberapa waktu lalu. Namun, dalam pertemuan tersebut, keduanya tidak secara spesifik membicarakan soal pengusungan Mahfud MD sebagai bakal cawapres.

"Kami sangat memahami, MMD (Mahfud MD) dan KIP (Khofifah Indar Parawansa) adalah tokoh-tokoh NU yang sudah lebih dua dekade beredar di panggung politik nasional, dikenal memiliki integritas, dan berpengalaman dalam sejumlah jabatan publik," ujar Rommy.

PPP bersama PDI Perjuangan dan partai politik lain sesama anggota kerja sama politik terus mencermati secara seksama proyeksi kontribusi suara dari pemasangan tersebut.

Menurut Rommy, parpol pengusung dan pendukung Ganjar terus menyelami hati dan menyerap aspirasi rakyat sampai pada saatnya harus mengambil keputusan.

Parpol, sebagai lembaga reproduksi kepemimpinan nasional, menyuguhkan pasangan pemimpin terbaik yang mampu membawa Indonesia menjadi bangsa yang hebat. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya