Jokowi Perintahkan TNI: Jaga Netralitas di Tahun Politik

Presiden Jokowi menyampaikan pidato di HUT ke 78 TNI
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Tentara Nasional Indonesia (TNI) harus ikut menjaga situasi keamanan dan kedamaian jelang Pemilu 2024. Menurut dia, sinergi antara TNI dengan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) harus tetap dijaga.

Pasutri Ini Barengan Daftar Calon Bupati Tegal dari PDIP, Bersaing Dapat Restu Megawati

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi saat menjadi Inspektur Upacara (Irup) dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 TNI di Lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat pada Kamis, 5 Oktober 2023.

Presiden Jokowi saat memberikan sambutan di upacar HUT ke-78 TNI.

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Puspen TNI
Jelang Lebaran Idul Adha, Jokowi Pantau Harga Bahan Pokok di Pasar Senggol Dumai

“Kita telah memasuki tahun politik. Saya minta tetap jaga betul kondisi damai, segera padamkan percikan sekecil apapun,” kata Jokowi.

Kata Jokowi, berikan pemahaman kepada masyarakat bahwa beda pilihan dalam pemilihan umum itu hal wajar. Kemudian, Jokowi mengatakan setiap kontestasi tentu ada yang kalah dan menang.

Catatan Politikus PDIP di Hari Pancasila: Evaluasi Sistem Pemilu Mendatang

“Beda pilihan itu hal wajar, menang kalah itu juga wajar,” ujarnya.

Presiden Jokowi naik tank Indonesia-1 di upacara HUT ke-78 TNI

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Puspen TNI

Maka dari itu, Jokowi memerintahkan TNI dan Polri harus tetap menjaga sinergi serta soliditas untuk menjaga keamanan bangsa. Terpenting, lanjut dia, harus netral dalam Pemilu 2024.

“Tetap jaga sinergitas dengan Polri, dan tetap jaga netralitas TNI, tetap pelihara watak ksatria, selalu jadikan sapta marga dan sumpah prajurit pegangan dalam bertindak. Selamat bekerja, selamat mengabdi untuk nusa dan bangsa. Dirgahayu TNI,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya