Demokrat sebut Pertemuan SBY dan Jokowi di Istana Bahas Dukungan ke Prabowo

Anggota DPR RI Herman Khaeron
Sumber :
  • Dokumentasi DPR RI

Jakarta – Ketua DPP Partai Demokrat, Herman Khaeron mengungkap isi pertemuan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), pelan lalu, di Istana Bogor. 

Bungkam Irma Nasdem, Refly: Harusnya Semua Anggota DPR Itu Oposisi Terhadap Pemerintah!

Salah satunya, SBY menyampaikan ke Presiden Jokowi bahwa Partai Demokrat mempunyai kesamaan ide dan gagasan dengan bacapres dari Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto.

"Memastikan bahwa kami mendukung Pak Prabowo karena kesamaan ide dan gagasan dalam membangun bangsa ini ke depannya, dan berkomitmen penuh mendukung Prabowo sebagai calon presiden dan berupaya memenangkan beliau sebagai Presiden 2024-2029. Demokrat bersama Prabowo," kata Herman kepada wartawan, dikutip Jumat, 6 Oktober 2023. 

Alarm Bahaya kalau PDIP Takluk dan Pemerintahan Prabowo Tanpa Oposisi, Kata Pengamat

Presiden Jokowi terima SBY di Istana Merdeka.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Setpres/Cahyo Bruri Sasmito

Selain itu, terang Herman, ada hal lain yang juga dibicarakan SBY dengan Jokowi dalam pertemuan tersebut. Meskipun tak menyebut detil, Herman mengklaim SBY dan Jokowi membahas hal-hal yang berorientasi kepada rakyat.

Andi Arief Dikabarkan Sakit di Singapura, Butuh Donor Hati

"Tentu banyak hal lain yang dibicarakan antara Pak SBY dan Pak Jokowi, yang pasti semuanya untuk kepentingan rakyat, bangsa dan negara," ujarnya.

Herman menuturkan, SBY dan Presiden Jokowi sudah lama tidak berdiskusi secara intensif. Dia mengatakan keduanya bersepakat menyukseskan Pemilu 2024.

"Sudah cukup lama tidak berdiskusi empat mata, tentu lebih banyak diskusi isu-isu terkini dan saling konfirmasi mengenai berbagai hal. Saling berbagi pengalaman sebagai sesama negarawan dan tokoh bangsa," kata Herman. 

Herman menambahkan, SBY juga menjelaskan narasi perubahan kepada Presiden Jokowi. Ia mengatakan narasi ini pun kerap disampaikan Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ke publik.

"Pak SBY juga menjelaskan mengenai narasi perubahan yang selama ini disampaikan Parta Demokrat ke publik. Apa yang baik dari pemerintahan-pemerintahan dan presiden-presiden sebelumnya, dilanjutkan. Sedangkan jika ada yang dirasa kurang optimal, kita perbaiki agar manfaatnya bisa semakin dirasakan rakyat. Hal ini juga sudah yang selalu disampaikan Ketua Umum kami, Mas AHY dalam berbagai kesempatan. Di antaranya dalam pidato-pidato politiknya," kata Herman.

Presiden Jokowi bertemu SBY

Photo :
  • VIVA/Agus Rahmat

Kendati begitu, saat dikonfirmasi apakah dalam pertemuan tertutup Jokowi dan SBY turut membicarakan tawaran kursi menteri. Ia justru mengatakan Partai Demokrat menyerahkan sepenuhnya kepada Jokowi.

"Terkait reshuffle hak prerogatif Presiden. Kami menghormati hak Presiden Joko Widodo untuk memilih menteri-menterinya. Termasuk mempertahankan, maupun mengganti para menterinya. Presiden tentunya ingin orang-orang terbaik yang memimpin negeri ini, membantu beliau menuntaskan amanah sebagai presiden di tahun terakhir," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya