Surya Paloh Akui Perkara Syahrul Yasin Limpo Pasti Berpengaruh ke Elektabilitas Anies

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.
Sumber :
  • ANTARA Foto

Jakarta - Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengakui perkara yang menjerat Syahrul Yasin Limpo alias SYL berpengaruh terhadap pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin alias AMIN. Duet AMIN diusung Nasdem di Pilpres 2024.

Kepemimpinannya Dikhawatirkan Bahayakan Demokrasi, Begini Jawaban Blak-blakan Prabowo

"Pastilah ada pengaruhnya terhadap elektabilitas partai dan juga AMIN pasangan yang didukung oleh NasDem, Bung Anies dan Bung Muhaimin Iskandar pasti ada," kata Paloh di Nasdem Tower, Kamis malam, 5 Oktober 2023.

Namun, seberapa besar pengaruh itu, ia meyakini masyarakat juga masih punya harapan terhadap duet AMIN yang menggaungkan gagasan perubahan.

Mendagri Tito Setuju Sistem Pemilu Dikaji Ulang

"Tapi sejauh mana pengaruh ini, ketika masyarakat yang juga masih harapan dan keinginan. Upaya-upaya misi baru gerakan perubahan ini harus berjalan sebagaimana diharapkan," ujar Paloh.

Ketum Partai Nasdem Surya Paloh beri keterangan soal Syahrul Yasin Limpo.

Photo :
  • ANTARA Foto
Duit Ditjen Holtikultura Kementan yang Mengalir ke SYL Bikin Kaget

Paloh pun menegaskan pihaknya akan menghormati dan mendukung penegakan hukum yang dilakukan oleh KPK.

"Tetapi sampai saat ini, harus saya katakan kita berikan kesempatan dan penghormatan kita kepada aparat penegak hukum, yang akan berproses nantinya mungkin kepada pengadilan, hingga menjadi 1 hukuman tetap," ujarnya.

Lebih lanjut, Paloh sudah meminta SYL untuk menghadap Presiden Jokowi untuk menyampaikan surat pengunduran diri dari Jabatan Menteri Pertanian RI.

"Saya sudah menerima laporan daripada Bung Syahrul. Atas nama DPP saya menyatakan segera menghadap presiden, sampaikan surat pengunduran diri sebagai Menteri Pertanian," jelas Paloh.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo usai diperiksa KPK sebagai saksi pada 19 Juni 2023.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Pun, dia sudah meminta SYL agar fokus menjalani proses hukum yang dilakukan petugas KPK.

"Agar apa, agar sekali lagi memberikan penghormatan terhadap upaya penyidikan yang sedang berlangsung terhadap dirinya agar dia penuh konsentrasi," ujarnya.

SYL sebelumnya mengaku sudah menyampaikan surat pengunduran diri sebagai Mentan ke Istana pada Kamis soe kemarin. Langkah mundur itu karena ia terjerat dalam kasus dugaan korupsi yang tengah diusut KPK.

Kabarnya, SYL juga sudah ditetapkan KPK sebagai tersangka. Terkait kasus itu, KPK juga sudah melakukan penggeledahan termasuk di rumah rpribadi SYL.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya