Jika Duet di 2024, Prabowo dan Erick Thohir Bakal Bisa Saling Melengkapi

Menhan Prabowo Subianto bersama Menteri BUMN Erick Thohir
Sumber :
  • IG Erick Thohir

Jakarta - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sejauh ini belum juga mengumumkan nama bakal cawapres pendampingnya untuk Pilpres 2024. Salah satu nama yang menguat masuk bursa cawapres Prabowo adalah Menteri BUMN Erick Thohir.

Jokowi akan Bisiki Prabowo soal Potensi Besar dari Budi Daya Ikan Nila Salin

Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Ethical Politics, Hasyibulloh Mulyawan menganalisa sosok Erick dinilai sebagai sosok yang pantas berpasangan dengan Prabowo. Menurut dia, pasangan Prabowo – Erick Thohir jika berduet akan jadi paket komplet yang akan saling melengkapi di pemerintahan Indonesia selanjutnya.

“Apabila Prabowo dan Pak Erick Thohir dipasangkan sebagai capres dan cawapres, mereka bisa saling melengkapi dalam kerja-kerja politik di pemerintahan nantinya,” kata Mulyawan, Kamis, 19 Oktober 2023.

Yusril Nilai Prabowo Tak Bisa Otomatis Tambah Kementerian, Mesti Revisi UU atau Bikin Perppu

Projo resmi Dukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dia mengatakan, baik Prabowo dan Erick juga punya latar belakang dan keahlian yang berbeda. Ia menuturkan, keduanya itu bisa saling menguatkan satu sama lain.

Tanggapi Luhut, Jusuf Kalla: Saya Tidak Mengerti Toxic

Mulyawan menuturkan, Prabowo dengan latar belakang militer bisa menangani berbagai isu seperti keamanan hingga soal geopolitik internasional. Sementara, Erick Thohir dengan latar belakang sebagai teknokrat dinilai bisa perkuat sektor ekonomi negara dan masyarakat Indonesia.

“Pak Prabowo paham tentang keamanan, militer dan pangan. Pak Erick Thohir paham akan ekonomi,” ujar Mulyawan.

Pun, dia menyinggung kemampuan Erick di bidang ekonomi sudah terlihat dalam memperbaiki kinerja keuangan BUMN. Pada 2022 pendapatan BUMN mencapai Rp 2.613 triliun, naik dari Rp2.292 triliun pada tahun sebelumnya. Efeknya laba BUMN pada 2022 mencapai Rp303 triliun dan bagikan dividen kepada negara sebesar Rp80 triliun pada tahun 2022.

“Hal itu sudah Erick Thohir buktikan selama memimpin BUMN. Di tangan dingin Erick Thohir, BUMN jadi semakin maju,” sebut Mulyawan.

Dalam dinamikanya poros Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mendukung Prabowo Subianto belum juga mendeklarasikan bakal cawapres. Poros KIM terdiri atas Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, PBB, Gelora, dan Garuda.

Figur Erick sendiri didorong PAN untuk jadi tandem Prabowo. Selain Erick, muncul lagi nama figur kandidat cawapres seperti putra sulung Jokowi Gibran Rakabuming Raka, Ketum Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketum PBB Yusril Ihza Mahendra.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya