Panda Nababan Sebut Jokowi Aktor Utama yang Promosikan Ganjar Jadi Capres ke PDIP

Politikus senior PDIP Panda Nababan.
Sumber :
  • YouTube Indonesia Lawyers Club

Jakarta - Politisi senior PDI Perjuangan (PDIP) Panda Nababan mengatakan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) merupakan orang pertama yang merencanakan agar Ganjar Pranowo dapat diusung PDIP sebagai bakal calon presiden di Pilpres 2024.

Senang Kendaraan Listrik Makin Menjamur, Jokowi Sebut Pabrik Baterai Beroperasi Bulan Depan

Panda bersaksi bahwa dirinya dan Jokowi terlibat dalam rencana pengusungan Ganjar Pranowo sebagai bakal capres.

"Aku ingat betul, aku sama dia (Jokowi) boleh dikatakan terlibat dalam arti kata merencanakan dan mempromosikan Ganjar sebagai calon presiden. Iya, aku jadi saksinya (Jokowi orang pertama yang mempromosikan Ganjar sebagai capres). Aku jadi orang yang terlibat bersama dia," kata Panda dikutip dari tayangan di YouTube Abraham Samad SPEAK UP, pada Rabu, 1 November 2023.

Jokowi Singgung Peluang Besar Industri Kendaraan Listrik di Indonesia

Presiden Jokowi dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Photo :
  • Istimewa

Panda juga menjelaskan, dirinya bersama Jokowi kerap melakukan diskusi agar usulan Ganjar menjadi bakal capres itu dapat diterima Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Namun, usulan itu tanpa membuat Ketua DPP PDIP Puan Maharani tersinggung.

Prabowo Ingin Bentuk Presidential Club, Jokowi: Bagus, 2 Hari Sekali Ketemu

"Dalam beberapa hal, pembicaraan kami, berkali-kali kita mendiskusikan bagaimana Mba Mega bisa nerima, bagaimana Puan Maharani jangan tersinggung. Itu pembahasan kita sama Jokowi," ungkapnya.

Dia menceritakan pernah suatu saat datang ke Istana menemui Jokowi untuk membahas Ganjar jadi bacapres.

"Pernah satu ketika saya datang ke istana, bawa teman, apa yang kita bicarakan? Bagaimana biar sukses Ganjar jadi calon (presiden), bagaimana strategi diatur," jelas Panda. 

Maka itu, Panda mengaku tak bisa membayangkan jika Jokowi akhirnya tak lagi mendukung Ganjar. Terlebih, saat putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka maju sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Prabowo Subianto.

"Saya enggak bisa bayangkan sampai detik ini, apa memang berubah, dia tidak lagi ke Ganjar? Atau karena ada anaknya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya