Sekjen PDIP: Dukungan kepada Ganjar Makin Luas karena Keprihatinan Situasi Demokrasi Mundur

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto enggan mengomentari usulan penggunaan hak angket DPR terhadap putusan Mahkamah Konstitusi (MK) tentang persyaratan calon presiden dan calon wakil presiden.

MK Terima Laporan Dugaan Pelanggaran Etik Terkait Anwar Usman

"Pokoknya, buat kami yang terpenting saat ini semua fokus semua fokus pada pemenangan Pak Ganjar dan Prof Mahfud MD. Parpol, relawan, simpatisan gerakannya hanya tunggal," kata Hasto kepada wartawan saat ditemui di Gedung High End, Jakarta Pusat, Rabu, 1 November 2023.

Dia mengimbau kader PDIP agar merespons dinamika politik nasional dengan turun ke masyarakat untuk memenangkan Ganjar dan Mahfud. Sebab, Ganjar dan Mahfud terus mendapatkan dukungan masyarakat seiring situasi politik yang kian dinamis.

Sekjen Gerindra: Prabowo Akan Menepati Janjinya setelah Dilantik

Ilustrasi: Suasana Rapat Paripurna DPR RI

Photo :

"Dinamika politik nasional apapun harus dijawab turun ke bawah, memperkuat bagi pemenangan Pak Ganjar dan Prof Mahfud MD, yang setiap hari mendapat dukungan yang makin luas karena keprihatinan atas situasi demokrasi kita yang dirasakan mundur ke belakang," ujarnya.

Prabowo Bilang Ada yang Ngaku Seolah Bung Karno Milik Satu Partai, Sekjen PDIP Merespons

Anggota DPR RI Fraksi PDIP Masinton Pasaribu sebelumnya mendorong anggota parlemen untuk mengajukan hak angket kepada Mahkamah Konstitusi (MK). Dia mendorong penggunaan hak angket karena putusan yang mengizinkan kepala daerah bisa menjadi capres dan cawapres meski belum usia 40 tahun.

Usulan tersebut disampaikan Masinton dalam Rapat Paripurna DPR RI yang digelar Selasa, 31 Oktober. Dia menilai Indonesia mengalami satu tragedi konstitusi setelah putusan MK pada 16 Oktober. Dia menyebut sebagai "tirani konstitusi".

Menurut Masinton, setiap anggota Dewan harus menegakkan konstitusi agar tidak terjebak dalam kegiatan pragmatis politik.

Gedung Mahkamah Konstitusi

Photo :
  • ANTARA Foto/Hafidz Mubarak

Konstitusi, dia menekankan, mesti ditegakkan dan tak boleh dipermainkan. "Sebagai roh dan jiwa bangsa kita, konstitusi harus tegak, dia tidak boleh dipermainkan atas nama pragmatis politik sempit tersebut," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya