Kombinasi Dua Generasi, Duet Prabowo-Gibran Bisa Saling Mengisi Jika Pimpin RI

Pendaftaran Capres Prabowo Subianto dan Cawapres Gibran Rakabuming Raka
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dinilai sebagai duet yang bisa mengakomodir semua elemen rakyat baik kalangan muda hingga senior. Alasannya karena duet yang diusung Koalisi Indonesia Maju itu perpaduan kombinasi dua generasi.

Eskalasi Konflik Timur Tengah Memuncak, Industri Hulu Migas Jadi Harapan RI

Pengamat sekaligus Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie menganalisa pasangan Prabowo-Gibran bisa menarik generasi milenial.

“Kombinasi ini sebagai pertemuan dua generasi yang berbeda, yang menarik perhatian bagi generasi milenial dan generasi yang lebih senior,” kata Jerry Massie, Jumat, 3 November 2023.

Dukung Presidential Club Ala Prabowo, Zulhas: Ide Bagus, Kepentingan Merah Putih

Tes Kesehatan Capres Prabowo Subianto dan Cawapres Gibran Rakabuming Raka

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jerry menuturkan, Prabowo-Gibran juga akan saling mengisi jika terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029. Dia menilai Prabowo-Gibran juga bisa pecahkan persoalan multi aspek lantaran memiliki dua perspektif yang beragam.

PPP Tak Sevisi dengan Ganjar soal Oposisi Prabowo: Itu Hak Pribadi Beliau

Kata dia, bukan hanya bisa saling mengisi, Prabowo-Gibran merupakan kombinasi yang tepat untuk memimpin negara besar seperti Indonesia. Jerry mengatakan demikian karena hal itu disokong pengalaman panjang Prabowo yang kental di dunia militer. Sementara, Gibran merupakan pengusaha muda sekaligus dari kalangan rakyat sipil.

Adapun kombinasi Prabowo-Gibran juga banyak dapat dukungan dari hampir seluruh segmen usia di survei versi Polling Institute periode 25-28 Oktober 2023. Menurut survei Polling Institute dilaporkan generasi Z, milenial hingga baby boomer solid beri dukungan terhadap Prabowo-Gibran.

Versi survei tersebut, Prabowo-Gibran dapat limpahan dukungan dari generasi milenial atau yang berusia kurang dari 21 tahun. Duet Prabowo-Gibran meraup dukungan sebanyak 46 persen. Lalu, diikuti pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan 24,5 persen. Selanjutnya, posisi tiga ada Ganjar Pranowo-Mahfud MD 23,7 persen.

Sementara, pada kelompok pemilih yang berada di rentang usia 22-25 tahun, Prabowo-Gibran masih berada di urutan teratas dengan 46,8 persen. Diikuti pasangan Ganjar-Mahfud MD dengan 33,7 persen serta Anies-Muhaimin 15,2 persen.

Lalu, pada klaster pemilih di usia 26-40 tahun, Prabowo-Gibran juga dapat jumlah dukungan terbesar dengan 40,8 persen. Selanjutnya, disusul Ganjar-Mahfud MD dengan 30,6 persen dan Anies-Muhaimin 22 persen.

Melihat faktor itu, Jerry yakin Prabowo-Gibran berpeluang besar bisa masuk putaran dua dan memenangkan Pilpres 2024. Apalagi, dia menyebut Prabowo-Gibran saat ini juga didukung penuh tokoh nasional seperti Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Tentunya hal itu adalah sebuah keuntungan yang tidak dimiliki oleh pasangan lain. Sehingga Prabowo-Gibran dianggap paling layak melanjutkan legasi dari Jokowi,” ujar Jerry.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya