Isu Lingkungan Hidup Jadi Salah Satu Tema Debat Capres-Cawapres 2024

Anggota KPU RI Mochammad Afifuddin
Sumber :
  • Ridho Permana

Jakarta – Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Mochammad Afifuddin memastikan debat capres-cawapres 2024 bakal berjalan pada masa kampanye yang ditetapkan. Dia menyebut, salah satu tema debat capres cawapres Pemilu 2024 akan membahas isu lingkungan hidup.

Kalah di Pilpres 2024, Anies Ingin Keluar Secara Terhormat

"Saya sudah berkomunikasi dengan teman-teman di KPU karena belum kami ambil keputusan, tetapi 99,99 persen isu lingkungan hidup akan jadi salah satu isu yang diprioritaskan untuk menjadi pokok bahasan dalam salah satu tema debat," kata Afif kepada awak media, Jumat, 3 November 2023.

Gedung KPU (Komisi Pemilihan Umum)

Photo :
  • vivanews/Andry Daud
KPU Siapkan 8 Tim Kuasa Hukum Hadapi Sengketa Pileg 2024 di MK

Afif lebih jauh mengatakan bahwa pihaknya akan bentuk tim yang fokus untuk merumuskan topik debat capres-cawapres. Dia menegaskan debat capres dan cawapres akan berjalan 5 kali seperti Pilpres 2019.

"Yang sudah tidak bisa ditawar lagi adalah jumlah debat kita, 3 kali untuk Presiden dan 2 kali untuk Wakil Presiden. Sama persis seperti tahun 2019," ujarnya.

Anies Tak Mau Berandai-andai Jadi Menteri Prabowo: Emangnya Ditawarin

Anggota Bawaslu RI Mochammad Afifuddin, S.Th.I

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Adapun lokasi debat, sambung Afif, masih dibicarakan dengan para perwakilan paslon. Ada pula kemungkinan lokasi debat di luar Jakarta yang masih dalam tahap pembahasan.

"Sedang kami pikirkan, tapi ini pasti harus kami koordinasikan dari masing-masing calon, kalau kami usulkan ke satu kota di luar Jakarta keberatan atau tidak," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya