Gus Miftah Ungkit Pesan Persahabatan Jokowi ke Prabowo saat Debat Capres 2019

Presiden Jokowi dan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Jakarta - Pendakwah Gus Miftah menghadiri acara puncak HUT Partai Golkar pada Senin, 6 November 2023 malam. Dalam sambutannya, Gus Miftah menyoroti pesan persahabatan yang telah dijalin oleh Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto saat melakukan debat capres di pemilu 2019 lalu.

Anies Sebut PKS Sedang 'Galau'

Persahabatan Presiden Jokowi dan Prabowo itu diibaratkan Gus Miftah seperti rantai sepeda, yang tak pernah putus.

"Bapak, saya ingat dengan kalimat yang pernah disampaikan oleh Bapak Jokowi. 'Pak Prabowo, saya ini senang naik sepeda dan sering ketika naik sepeda rantainya putus. Tapi, percayalah pada saya Pak Prabowo rantai persahabatan kita, saya dan Prabowo yakinlah tidak akan pernah terputus'," kata Gus Miftah dalam sambutannya, dikutip Selasa, 7 November 2023.

Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran

Gus Miftah

Photo :
  • Istimewa

Gus Miftah menambahkan bahwa pernyataan Jokowi saat itu kini terbukti. Ia pun mengingatkan, Presiden Jokowi punya sedikit teman tetapi, beliau punya segudang cara untuk menolong sahabatnya

NasDem Mau Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran, Surya Paloh: Kita Sadar Diri

"Dan malam hari ini, kita menjadi saksinya. Maka, saya sampaikan gak usah bangga punya teman segudang tapi di saat susah gudangnya jadi kosong," ucapnya.

Gus Miftah juga menyatakan lebih baik teman yang ada saat susah dan menolong walau cuma satu. "Tapi, banggalah ketika temannya cuma satu, namun di saat susah ia punya segudang cara untuk menolong," pungkasnya.

Sebelumnya, Bakal calon presiden (capres) Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto mengungkit kembali kekalahannya di Pilpres 2014 dan 2019 dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Selama dua periode itu, Prabowo mengaku banyak belajar di bidang politik dari Jokowi.

Hal itu dikatakan Prabowo dalam sambutannya di acara puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-59 Partai Golkar di Kantor DPP Partai Golkar, Senin, 6 November 2023.

"Saya kira itu Pak Jokowi, terima kasih. Contoh yang bapak berikan, sikap negarawan bapak, bapak kalahkan saya, tapi bapak mengajak saya (ke Kabinet Indonesia Maju sebagai Menteri Pertahanan)," kata Prabowo dalam sambutannya.

Menhan sekaligus Calon Presiden Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto

Photo :
  • Dok. Gerindra

"Saya banyak belajar dari bapak, terutama di bidang politik," sambung Prabowo.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Pertahanan (Menhan) itu menyampaikan terima kasih kepada Jokowi yang telah merangkulnya masuk ke dalam Kabinet Indonesia Maju. Dia bersaksi, bahwa sepanjang dua periode, Jokowi sepenuhnya berjuang untuk kepentingan rakyat.

Selain itu, Prabowo menegaskan dirinya bertekad melanjutkan legacy dan pembangunan yang telah dijalankan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) selama dua periode ini.

"Kami bertekad untuk melanjutkan pembangunan yang dibuktikan sangat bermanfaat, sangat berhasil dan sangat nyata untuk kebaikan dan kepentingan pembangunan Indonesia menuju Indonesia menjadi negara yang kuat, negara yang makmur, negara yang berada di tingkat teratas di seluruh bangsa-bangsa di dunia," kata Prabowo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya