Gelar Gala Dinner dengan 3 Pasangan Capres-Cawapres Malam Ini, KPU: Kita Bersilaturahmi

Gedung KPU (Komisi Pemilihan Umum)
Sumber :
  • vivanews/Andry Daud

Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia bakal menggelar pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Pemilu 2024, di kantor KPU RI, Jakarta, Selasa, 14 November 2023.

 KPU Minta MK Tolak Tudingan Suara Nasdem Berkurang dan Golkar Bertambah di Jabar 1

Kegiatan itu bakal dilakukan, dari gala dinner bersama ketiga pasangan capres-cawapres beserta pimpinan partai politik yang masuk dalam koalisi pengusung, sejak pukul 18.30 WIB.

"Gala dinner ini sebagai sarana kita bersilaturahmi satu sama lainnya, karena kita tahu bahwa penyelenggaraan pemilu ini kan berasaskan pada Pancasila," kata Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU RI, Idham Holik kepada wartawan, di Kantor KPU, Selasa, 14 November 2023.

DKPP Terima Ratusan Pengaduan Pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu sepanjang 2024

Kegiatan pengundian dan penetapan nomor urut akan dimulai pukul 19.30 WIB. Menurut Idham, rangkaian acara dibuka dengan sambutan rapat pleno terbuka, dilanjutkan dengan pembacaan tata tertib kegiatan. 

Partai yang dukung bacapres Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo

Photo :
  • VIVA
Hakim MK Singgung Sirekap KPU di Sidang Sengketa Pileg 2024: Alat Bantu Malah Mengacaukan

Ia mengungkapkan, mekanisme pengundian dibagi dalam dua tahap. Pengambilan nomor antrean untuk mengambil nomor urut yang dilakukan oleh pasangan cawapres-cawapres.

Selain itu, capres-cawapres yang mengambil nomor urut pertama adalah yang melakukan pendaftaran lebih dulu ke KPU.

"Tahap pertama pada pengambilan nomor antrean ini sesuai dengan waktu pendaftaran bacapres-bacawapres yang waktu itu telah dilaksanakan tanggal 19 sampai 25 Oktober 2023. Setelah mereka mendapatkan nomor antrean, baru mereka mengambil nomor undian sesungguhnya untuk penetapan nomor urut paslon capres-cawapres," ucapnya.

Kemudian, masing-masing capres membuka nomor urut yang diambil, untuk kemudian ditetapkan oleh KPU. Setelah mendapat nomor urut, setiap capres-cawapres diberi kesempatan memberi sambutannya masing-masing.

Idham menuturkan, kegiatan pengundian dan pengambilan nomor urut pasangan capres-cawapres ini dihadiri oleh pimpinan partai politik beserta para fungsionaris partai.

"Kami menyediakan cukup alokasi kursi di depan di halaman kantor KPU yang menjadi tempat sidang pleno terbuka nomor urut pasangan capres-cawapres. Ada 22 kursi kami sediakan untuk pimpinan parpol gabungan dan ada 150 kursi untuk fungsionaris partai, anggota partai ataupun pihak-pihak yang mereka undang," ujarnya.

KPU sebelumnya resmi menetapkan tiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden sebagai kontestan Pilpres 2024. Penetapan tiga pasangan itu setelah KPU melakukan verifikasi dokumen dan tes kesehatan.

Tiga pasangan tersebut yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Anies-Muhaimin yang disokong Koalisi Perubahan untuk Persatuan mendaftar pada Kamis, 19 Oktober 2023. Duet yang dikenal nama Amin itu diusung Nasdem, PKB, dan PKS.

Selanjutnya, pasangan Ganjar-Mahfud juga mendaftar ke KPU pada 19 Oktober 2023. Ganjar-Mahfud didukung poros PDIP, PPP, Perindo, dan Hanura.

Sementara, duet Prabowo-Gibran mendaftar ke KPU pada Rabu, 25 Oktober 2023. Pasangan Prabowo-Gibran itu diusung Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, PSI, PBB, Gelora, Garuda, dan Prima.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya