Gibran Respons Megawati soal Adanya Kecurangan Pemilu: Silakan Lapor ke Bawaslu

Bakal cawapres Gibran Rakabuming Raka di Lampung.
Sumber :
  • tvOne-Pujiansyah

Jakarta - Calon wakil presiden (cawapres) Koalisi Indonesia Maju (KIM) Gibran Rakabuming Raka merespons pernyataan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang mencium adanya dugaan kecurangan pada Pemilu 2024. 

Romi Hariyanto Daftar Cagub Jambi ke Gerindra, Tak Ciut Nyali Lawan Petahana

Terkait hal itu, Gibran tak ingin berkomentar banyak. Menurut Gibran, jika ditemukan indikasi kecurangan maka harus segera dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

"Untuk masalah kecurangan, sekali lagi, kalau ada kecurangan atau hal-hal yang tidak pas itu nanti silakan bisa dilaporkan ke Bawaslu," kata Gibran kepada wartawan, dikutip Rabu, 15 November 2023.

Seratus Kementerian Pun Tak Masalah jika untuk Akselerasi Kinerja, Menurut Pakar Politik

Gibran Rakabuming Raka

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Sebelumnya diberitakan, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyebut kecurangan menjelang pemilu 2024 mulai terlihat. Maka itu, ia mengingatkan agar rakyat menggunakan hak pilih dengan tuntunan hati nurani di Pilpres 2024.

Pakar: Penambahan Kementerian yang Direncanakan Prabowo Harus Ubah Regulasi

"Jangan biarkan kecurangan pemilu yang akhir ini terlihat sudah mulai, akan terjadi lagi," ujar Megawati dalam pidatonya yang disiarkan secara daring, Minggu, 12 November 2023.

Megawati mengimbau agar rakyat jangan takut berpendapat. Hal ini penting, agar tidak terjadinya kesewenangan pada Pemilu 2024. "Tegakkan demokrasi, kewajiban kita sebagai warga negara bahkan keharusan agar tidak terjadi kesewenang-wenangan," jelasnya.

Megawati Soekarnoputri, Pengumuman cawapres Ganjar Pranowo

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Presiden Republik Indonesia ke-5 ini pun tak ingin rakyat diintimidasi seperti dahulu. Terlebih, saat ini kecurangan pemilu mulai terlihat lagi. "Rakyat jangan diintimidasi seperti dulu lagi," katanya.

Selain itu, Megawati juga berharap agar ajang kontestasi pemilu 2024 menjadi momentum yang tepat untuk mendapatkan pemimpin terbaik, yang mewakili seluruh kehendak rakyat Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya