Heboh Pakta Integritas Pj Bupati Sorong Menangkan Ganjar, PDIP: Diusut Saja Semuanya

Pasangan capres dan cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto buka suara soal beredarnya pakta integritas dukungan Pj Bupati Sorong Yan Piet Moso kepada calon presiden Ganjar Pranowo. Menurut Hasto, pihaknya tidak masalah jika pakta integritas tersebut diusut.

Siap Gusur Dominasi PKS, 6 Parpol Rajut Koalisi Demi Menangkan Pilkada Depok 2024

Dia bilang demikian karena pasangan capres-cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD menang bukan karena pakta integritas.

"Diusut saja semuanya kan, kita menang ini suara rakyat. Kita menang bukan pakta integritas," kata Hasto di Gedung High End, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu, 15 November 2023.

PPP Tak Sevisi dengan Ganjar soal Oposisi Prabowo: Itu Hak Pribadi Beliau

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

Photo :
  • PDIP

Sementara, Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid menegaskan, pihaknya tak pernah menandatangani pakta integritas dengan kepala daerah atau penjabat kepala daerah manapun untuk memberikan dukungan kepada Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Penyebab Raibnya Foto Jokowi di Kantor PDIP Sumut Terungkap, Kini Sudah Terpasang Lagi

"Jelas-jelas TPN tidak pernah melakukan, meminta orang menandatangani surat mendukung yang namanya pakta integritas atau segala macam. Jadi, tolong dilihat juga kapan tanggalnya dan segala macam dan dengan siapa," tutur Arsjad.

Dia menuturkan pihak TPN punya pandangan terhadap pentingnya integritas. "Tapi saya bisa menjelaskan bahwa TPN sendiri, kami sangat berpandangan dan berpegang terhadap yang namanya governance dan integritas," ucap Arsjad menambahkan.

Pasangan Capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Sebagai informasi, pakta integritas yang dimaksud sempat beredar dalam grup WhatsApp awak media. Dalam pakta integritas itu, dituliskan Yan Piet Moso selaku Pj Bupati Sorong menyatakan sejumlah poin salah satunya siap mencari dukungan di Kabupaten Sorong kepada Ganjar di Pilpres 2024.

Adapun pakta integritas itu ditandatangani langsung oleh Yan Piet Mosso dan Kepala Badan Intelijen Nasional Daerah (Kabinda) Papua Barat, Brigjen TNI TSP Silaban pada Agustus 2023.

Berikut isi pakta tersebut:

1. Mendukung dan melaksanakan penuh keberhasilan program Pemerintah Pusat di Wilayah Kabupaten Sorong. 

2. Tidak melakukan Tindak Pidana Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN). 

3. Menolak sepenuhnya segala kegiatan yang bersifat separatisme serta aktivitas pergerakan Papua Merdeka di wilayah.

4. Siap mencari dukungan dan memberikan kontribusi suara pada Pilpres 2024, minimal 60 persen + 1 untuk kemenangan Ganjar Pranowo sebagai Presiden Republik Indonesia di Kabupaten Sorong.

5. Bersedia menjaga kerahasiaan sepenuhnya berkaitan pembuatan Pakta Integritas ini.

Ganjar Pranowo juga sudah merespons soal pakta integritas yang diduga diteken Pj Bupati Sorong, Yan Piet Moso dan Kabinda Papua Barat. Isi pakta integritas itu berisi kesiapan cari dukungan suara untuk Ganjar Pranowo.

Ganjar mengaku tak tahu mengenai pakta integritas tersebut. "Belum tahu, saya, malah gak tahu itu," ujar Ganjar kepada wartawan di kantor KPU, Jakarta, Selasa, 14 November 2023.

Ganjar menuturkan jika pakta integritas itu benar maka Aparatur Sipil Negara (ASN) dilarang melakukannya. Menurutnya, hal itu merupakan ketidaknetralan ASN dan harus ditertibkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya