Pimpinan DPR Sebut Pembentukan Panja Netralitas Polri Masih Digodok

Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad
Sumber :
  • DPR RI

Jakarta - Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad, mengaku belum menerima laporan rinci soal rencana pembentukannya Panja Netralitas Polri untuk Pemilu 2024. Usulan panja muncul saat Komisi III DPR RI menggelar rapat dengan Kapolri, akhir pekan kemarin.

Terpopuler: Oknum Polisi Aniaya Siswa, Mahasiswa Demo Rektor hingga Suami Mutilasi Istri

“Kemarin dalam rapat itu diserahkan kepada rapat internal Komisi III. Oleh karena itu, nanti kita tunggu jadwal rapat berikut dari Komisi III untuk pelaksanaan persiapan-persiapan yang dianggap perlu untuk pembentukan panja tersebut,” kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 20 November 2023.

Dasco memastikan, proses pembentukan Panja Netralitas Polri ini, dia serahkan seluruhnya kepada Komisi III, mitra lembaga Kepolisian. 

Korlantas Polri Setop Sementara Kirim Surat Tilang via WhatsApp, Ini Alasannya

“Kawan-kawan masih juga merumuskan tugas-tugas panja, sehingga saya belum bisa berkomentar lebih banyak karena tugas-tugas Panja apabila jadi itu akan ditentukan dalam rapat internal komisi III,” kata Dasco.

Sebelumnya, usulan pembentukan Panja Netralitas Polri dalam menghadapi Pemilu 2024 ini disampaikan langsung oleh Ketua Komisi III DPR RI Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul.

Kakorlantas Polri Siapkan Rekayasa Lalu Lintas untuk KTT WWF 2024 di Bali

"Nanti akan dibentuk panja pengawasan pemilu, khusus. Karena pemilu itu adalah sebuah kegiatan yang mengguncang seluruh rakyat republik, nggak ada kegiatan lain kecuali pemilu nasional," kata Bambang di DPR beberapa waktu lalu. 

Sebelumnya Panja serupa juga dibentuk untuk mengawasi kinerja TNI oleh Komisi I pada 8 November 2023 lalu. Wakil Ketua Komisi I DPR RI Utut Adianto pun ditunjuk untuk memimpin Panja Netralitas TNI tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya