Ketua DPC PDIP Deli Serdang Mundur Usai Dukung Prabowo-Gibran

Ilustrasi simbol PDIP dalam Peringatan Bulan Bung Karno 2023
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Medan – Eko Sopianto mengundurkan diri dari jabatan Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Deli Serdang, setelah menyatakan mendukung pasangan capres-cawapres, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024. 

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

Pengunduran diri, Eko Sopianto dibenarkan oleh Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut, Aswan Jaya kepada wartawan, di Kota Medan, Senin siang, 20 November 2023. Kini, jabatan Ketua DPC PDI Perjuangan Deli Serdang, masih kosong dan belum ada penunjukan dari DPP PDI Perjuangan.

Pengunduran diri tersebut, Eko Sopianto tidak lepas jabatan dirinya sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB Pujakesuma. Karena, Pujakesuma mendukung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024.

Megawati Belum Putuskan soal Usulan Kerja Sama dengan Prabowo

"Alasannya karena, dia sebagai (Ketua Umum) Pujakesuma telah mendeklarasikan diri mendukung calon presiden yang berbeda dari PDI Perjuangan," ucap Aswan.

Pendaftaran Capres Prabowo Subianto dan Cawapres Gibran Rakabuming Raka

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Nasib Jokowi di PDIP, Kaesang Pangarep Tidak Ingin Ikut Campur: Itu Urusan Partai Lain

Aswan mengungkapkan kemungkinan surat pengunduran diri Eko, sudah disampaikan langsung ke DPP PDI Perjuangan di Jakarta, saat dirinya dimintai klarifikasi, pekan lalu.

"Saat diklarifikasi seminggu yang lalu, dia (Eko Sopianto) menyatakan itu dan surat mungkin sudah masuk lah, ke DPD PDIP. Tapi, sudah dipastikan mengundurkan diri," jelas Aswan.

Aswan mengungkapkan bahwa di DPD PDIP Sumut, hanya pemberitahuan, surat pengunduran diri hingga diproses, wewenangnya ada di DPP PDI-P di Jakarta. Termasuk, penunjukan siapa Pelaksanaan Tugas (Plt) PDI Perjuangan Deli Serdang, kedepannya.

"Pemberitahuan lah ke DPD lalu nanti diteruskan ke DPP. Belum-belum tahu siapa, masih kosong (jabatan Ketua PDIP Deli Serdang). Masih dalam proses, karena DPP yang memutuskan siapa Plt nya," kata Aswan.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya