Ijtima Ulama Minta Sepakati 13 Poin Pakta Integritas, Anies: Kami Sedang Review

Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar saat daftar Capres-Cawapres ke KPU.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (Amin) mendapat dukungan penuh dari sejumlah tokoh nasional dalam Ijtima Ulama. Ada syarat berupa 13 pakta integritas dari Ijtima Ulama untuk mendukung pasangan nomor urut 1 tersebut.

PDIP Ingin Lanjutkan Kerja Sama dengan PPP dan Hanura di Pilkada 2024

Terkait itu, Anies mengatakan sampai dengan saat ini masih tahap pembahasan secara bersama.

"Mengenai Pakta Integritas kami sedang review nanti akan kami bahas sama-sama," ujar Anies Baswedan, Selasa, 21 November 2023.

Jadi Prioritas Nasdem di Pilkada 2024, Anies: Kita Rehat Dulu

Dia menjelaskan pakta integritas itu harus dibahas secara seksama. Sebab, hal itu mesti mengedepankan kepentingan publik hingga peraturan yang ada. Anies bilang pada prinsipnya melakukan kegiatan pakta integritas dengan banyak pihak.

"Bukan hanya satu seperti ini, ada banyak sekali yang kita nantinya akan mendapatkan pakta integritas dan semuanya harus mengedepankan kepentingan publik, mendasarkan kepada prinsip Pancasila, UUD 45, NKRI," jelas eks Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Hasto Klaim PDIP Bakal Move On dari Pilpres untuk Hadapi Pilkada 2024

Konferensi pers Ijtima Ulama untuk menentukan arah dukungan Pilpres 2024.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Foe Peace Simbolon

Anies memahami banyak pihak sekarang ingin membuat pakta integritas. Menurut dia, hal itu terkait janji yang  belum tertunaikan.

"Ya karena mereka tak kepengen janjinya tak tertunaikan karena ada pengalaman-pengalaman terkait dengan janji yang dalam pelaksanaannya tidak terlaksana," lanjutnya.

Sebelumnya, duet Amin dapat dukungan Ijtima Ulama. Sikap dukungan ke Amin itu disampaikan di Kompleks Majelis Az-Zikra, Sentul, Bogor, Jawa Barat pada Sabtu, 18 November 2023.

"Capres dan cawapres yang direkomendasikan adalah yang datang yaitu Pak Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar," kata anggota SC Ijtima Ulama Aziz Yanuar, Sabtu, 19 November 2023.

Anies mengapresiasi hasil Ijtima ulama tersebut. Ia memandangnya sebagai amanah dan kepercayaan dari para ulama dan ikhtiar.

Pasangan Capres cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar

Photo :
  • Akun X @cakimiNOW

Kata dia, dukungan itu muncul atas dasar yang sama yakni semangat perubahan untuk menghadirkan keadilan di semua aspek.

"Kami mengapresiasi dan memandang ini sebagai sebuah amanah sebuah kepercayaan. Bahwa ikhtiar untuk melakukan perubahan banyak mendapatkan dukungan dan kami memang ingin perubahan ini memprioritaskan keadilan di semua aspek," kata Anies di Malang, Jawa Timur, 18 November 2023.

Dia pun mengaku makin bersemangat dengan hasil Ijtima Ulama tersebut. Anies berjanji memegang amanah ijtima ulama dengan sebaik-baiknya.

"Jadi, dengan adanya dukungan ini (Ijtima Ulama) jadi semangat kami. Insya Allah amanah ini akan kami pegang sebaik-baiknya sehingga bisa memberikan manfaat bagi semua," ujar Anies.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya