Oso Kasih Bukti Elektabilitas Ganjar-Mahfud Kinclong di Kalbar

Oesman Sapta Odang.
Sumber :
  • Rahmat Fatahillah Ilham/VIVA.

Pontianak – Ketua Umum Partai Hanura, Oesman Sapta Odang atau Oso menyebut elektabilitas pasangan capres-cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD terbilang bagus di Pontianak, Kalimantan Barat. 

Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik

Hal tersebut diungkap Oso saat menghadiri acara ramah tamah dengan tokoh-tokoh Tionghoa di Pontianak, Kalimantan Barat. 

"Kalbar luar biasa, anda lihat tadi. Saya kan gak suruh mereka, teriak, mereka sendiri yang teriak, kenapa? Mereka tahu ini (Ganjar-Mahfud) orang yang pantas jadi presiden," kata Oso kepada wartawan di Pontianak, Sabtu, 25 November 2023.

PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

Capres Cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD menghadiri dialog publik Muhammadiyah

Photo :
  • tvMU

Oso juga mengatakan bahwa bisa saja masyarakat Tionghoa yang bertempat tinggal di Pontianak memberi dukungannya kepada pasangan Ganjar-Mahfud. Menurutnya, masyarakat Tionghoa itu memiliki keputusan yang baik dan berdasarkan hati nurani.

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir

"Kan tadi anda sudah dengar sendiri. Mereka yang mengatakan itu, mereka itu enggak bisa dibeli loh. Mereka itu ketulusannya, juga memutuskan keputusannya, ya pura-pura enggak tahu, tapi dikerjain," kata dia.

Di sisi lain, Oso menyebut suara masyarakat Tionghoa di Pontianak sangat berpengaruh besar di pemilu 2024 mendatang. Meskipun, hanya 15 persen di Pontianak.

"Besar sekali, mereka memang tidak sebesar yang lain, dia punya 15 persen tapi jangan lupa, dia punya pegawai dia punya buruh itu bisa sampai 40 persen, ngeri itu nah," kata Oso.

Sebagai informasi, Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo membantah adanya penurunan elektabilitas. Ia menegaskan bahwa elektabilitasnya masih terbilang bagus berdasarkan survei internal. 

"Enggak, elektabilitasnya masih tetap, kami juga punya survei internal kami kok, kami masih bagus," ujar Ganjar kepada wartawan di Universitas Muhamadiyah Jakarta (UMJ), Tangerang Selatan, Banten, Kamis, 23 November.

Pasangan capres dan cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Di sisi lain, Ganjar berharap dengan kepungurusan Tim Pemenangan Nasional (TPN) akan terus menjadi lebih baik dan bagus. "Dan mudah-mudahan kawan-kawan dengan kepengurusan daerah berjalan, mudah-mudahan makin bagus. Kami punya komparasinya," ujarnya.

Hal serupa juga diklaim oleh Pelaksana Tugas Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhamad Mardiono. Ia mengatakan, hasil survei yang beredar di publik berbeda dengan hasil survei internal yang dilakukan Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud. Hasil survei internal TPN menunjukkan elektabilitas Ganjar-Mahfud tidak menurun atau bahkan anjlok.

"Enggak, enggak. Kita enggak turun kok. Kita di lembaga survei kita Pak Ganjar enggak turun," ucap Mardiono.

Bahkan, kata Mardiono, PPP masih yakin pasangan Ganjar-Mahfud bisa menang satu putaran pada Pemilu Presiden  2024. Yang penting, katanya, TPN dan seluruh elemen pendukung Ganjar-Mahfud harus terus turun ke rakyat.

"Kita tetap pede, pokoknya kami yakin. Tadi disimpulkan, kita bersama rakyat, kita akan menang satu putaran," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya