Anies Baswedan Pastikan Istri Tak Cawe-cawe Urusan Politik Jika Jadi Presiden

Anies Baswedan di Acaea Mujadalah Kiai Kampung di Malang
Sumber :
  • Uki Rama (Malang)

Jakarta – Calon presiden nomor urut satu, Anies Baswedan berjanji jika dirinya terpilih menjadi Presiden RI, maka tidak akan mengikutsertakan atau cawe-cawe urusan politik untuk sang istrinya yakni Fery Farhati. Dia pun turut menyingung ketika menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Pengamat: Duet Anies-Ahok di Pilgub Jakarta Eksperimen yang Berani

"Ketika saya bertugas di DKI nih, jadi kalau mau melihat apa yang dikerjakan besok, lihat yang sudah dikerjakan kemarin. Kira-kira ketika jadi gubernur, istrinya cawe-cawe enggak urusan kebijakan Jakarta? Kalau enggak cawe-cawe, ya besok juga enggak cawe-cawe gitu," ujar Anies Baswedan kepada wartawan di Jakarta, Jumat, 24 November 2023.

Tak hanya urusan politik, Anies menegaskan bahwa istrinya juga dipastikan tidak akan mencampurkan urusan pribadi dengan urusan negara.

Ibunya Kabur, Begini Nasib Gibran Bocah yang Viral Nangis Kelaparan di Bogor

Pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

Photo :
  • VIVA.co.id/Zendy Pradana

"Jadi kita tidak mencampurkan keduanya. Jadi dengan cara begitu lebih enak, apalagi kalau sampai rekrutmen orang dan lain-lain. Justru harus dibuat rapi, dipisahkan antara pribadi dan negara," kata Anies.

Duet Anies-Ahok di Pilgub DKI Dipastikan Tak Bisa Terjadi, KPU Ungkap Alasannya

Sementara itu terpisah, Fery Farhati memastikan dirinya tidak akan cawe-cawe urusan politik Anies Baswedan.

"Dilihat sewaktu di Jakarta, saya hanya mengerjakan apa yang memang tupoksi saya sebagai istri gubernur, Insya Allah, kalau nanti sampai Mas Anies mendapat amanah. Ya Insya Allah (tidak akan cawe-cawe," ucap Fery.

Pun, dalam Majalah Tempo yang telah dibaca oleh reporter VIVA, dijelaskan bahwa Ibu Negara Iriana diduga berperan penting dalam majunya Gibran Rakabuming Raka menjadi calon wakil presidennya Prabowo Subianto.

Ibu negara itu disebut melobi keluarga besarnya di Solo dan Yogyakarta, relawan Jokowi, hingga HIPMI untuk mendukung putranya menjadi calon wakil presiden.

Berdasar laporan Majalah Tempo, ambisi Iriana untuk mendorong Gibran sebagai calon wakil presiden Prabowo dilatari adanya perlakukan kurang baik dari PDI Perjuangan (PDIP) terhadap suaminya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya